Selasa, 12 Nopember 2019 - 16:38 WIB

Negara Yaman Pernah Digemparkan Dengan Sosok 'Penghuni Langit'

Oleh : Indah Pratiwi | Rabu, 30 Nopember 2016 | 15:09 WIB

Shares
Share Twitter Google+ Linkedin

Ilustrasi

Beritacenter.com - Sebuah kisah seorang pemuda yang bernama Uwais Al Qarni pernah mendiami bumi di zaman Rasulullah SAW. Uwais Al Qarni memiliki penyakit sopak, walau cacat tetapi pemuda tersebut dikenal oleh Rasulullah merupakan orang saleh dan sangat berbakti kepada Ibunya.

Uwais Al Qarni merupakan penduduk negeri Yaman yang hanya tinggal bersama ibunya. Uwais begitu senantiasa merawat dan memenuhi permintaan Ibunya. Namun, sewaktu ketika Ibunya ingin berangkat haji, Uwais pun termenung. Lantaran, perjalanan dari Yaman ke Mekkah sangatlah jauh, melewati samudera padang tandus yang gersang. Bagaimana mungkin Uwais bersama Ibunya harus mencapai kesana? sedang Uwais sangat miskin dan tidak memiliki kendaraan.

"Anakku, Ibu tak akan lama lagi bersamamu. Ikhtiarkanlah agar Ibu dapat mengerjakan haji," ujar sang Ibu.

Uwasi Al Qarni pun berpikir mencari jalan keluar. Dapatlah sebuah ide cemerlang yang kemudian dibelilah seekor anak lembu. Kemudian, ia membuat kandang di puncak bukit. Setiap hari ia berjalan bolak-balik naik turun perbukitan dengan menggendong seekor lembu. Orang-orang keheranan melihat tingkah laku Uwais karena dianggap aneh.

Semakin hari anak lembu makin besar dan Uwais pun memerlukan tenaga yang besar untuk menggendong lembu tersebut naik turun bukit. Tetapi, karena latihan setiap hari, anak lembu yang sudah besar itu tak terasa lagi digendongnya, bahka terasa ringan.

Selama 8 bulan Uwais berlatih, tibalah musim haji. Tubuh fisik Uwais makin berotot, tegap dan kuat. Ia menjadi bertenaga untuk membawa barang keperluan perjalanan haji. Baru tahulah orang-orang, bahwa Uwais membeli Lembu untuk latihan menggendong Ibunya sampai menuju Ka'bah menunaikan ibadah haji.

Ketika Uwais Al Qarni bersama Ibunya tiba dan wukuf di Ka'bah, cucuran air mata Ibu jatuh di pipi suci. Kemudian, Uwais dan Ibunya pun berdoa.

"Ya Allah, ampuni semua dosa Ibu," doa Uwais.

"Bagaimana dengan dosamu?," tutur lembut sang Ibu.

“Dengan terampuninya dosa ibu, maka ibu akan masuk surga. Cukuplah ridha ibu yang akan membawaku ke surga," ujar Uwais Al Qarni.

Perjalanan Madinah

Setelah beberapa tahun kemudian, Uwais Al Qarni meminta izin kepada Ibunya agar ia di izinkan untuk mengunjungi rumah Nabi Muhamad SAW. Uwais sebenarnya tidak tega meninggalkan ibunya yang sudah tua. Ibunya pun mengizinkan Uwais untuk menemui junjungannya dan ibu pun berpesan kepada Uwais agar setelah sampai di rumah Nabi, agar ia segera pulang ke rumah.

Akhirnya, Uwais pun mempersiapkan segala keperluan untuk Ibunya dan menitipkan sementara kepada tetangganya untuk dirawat. Pergilah Uwais menuju rumah Rasulullah SAW yang harus melewati lembah, perbukitan dan jurang terjal. Namun, hal itu tidak dirisaukan karena kuatnya niat Uwais Al Qarni ingin berjumpa dengan Rasulullah SAW.

Setelah tiba di kediaman Rasulullah, diketuklah pintu rumah Nabi Muhamad SAW sambil mengucapkan salam. Namun, saat itu Nabi tidak ada di rumah karena sedang berperang. Uwais hanya bertemu dengan Siti Aisyah r.a, Istri Nabi. Betapa gundahnya dan risau hati Uwais Al Qarni. Sudah jauh-jauh ia datang untuk berjumpa langsung dengan Nabi, tetapi tidak ia jumpainya.

Terlintas di pikiran Uwais untuk menunggu kedatangan Nabi dari medan Perang, tetapi kapankah Nabi Pulang? sedangkan ia teringat pesan ibunya yang terus terngiang-ngiang agar segera pulang. Uwais pun langsung pulang ke rumah dan tidak berhasil menemui Nabi.

Setiba Nabi Muhamad SAW di rumah usai perang, Nabi pun langsung menanyakan kepada Siti Aisyah r.a tentang orang yang mencari dirinya. Nabi pun besabda kepada sahabatnya bahwa Uwais merupakan orang yang taat kepada ibunya. Ia pun dijuluki sebagai penghuni langit dan bukan penduduk bumi.

Menurut keterangan Siti Aisyah r.a. memang benar ada yang mencari Nabi dan segera pulang ke Yaman, karena ibunya sudah tua dan sakit-sakitan sehingga ia tidak dapat meninggalkan ibunya terlalu lama. Nabi Muhammad melanjutkan keterangannya tentang Uwais Al Qarni, penghuni langit itu, kepada sahabatnya, “Kalau kalian ingin berjumpa dengan dia, perhatikanlah ia mempunyai tanda putih di tengah telapak tangannya.”

Setelah Nabi Muhamad SAW wafat, bergantilah kekhalifahan yang kemudian diamanahkan kepada sahabatnya Umar bin Khattab. Umar pun teringat pesan nabi itu, kemudian bersama sahabatnya Ali bin Abi Thalib mencari setiap musim haji penduduk dari asal Yaman untuk berjumpa dengan Uwais Al Qarni.

Setelah mendapatkan informasi bahwa Uwais Al Qarni ikut bersama rombongan di suatu musim haji dari Yaman, Umar pun menanyakan dimana Uwais berada. Kemudian, salah satu rombongan memberitahu bahwa Uwais berada di perbatasan kota menjaga hewan gembalanya.

Ditemuilah Uwais Al Qarni oleh Khalifah Umar bin Khatab bersama sahabatnya Ali bin Abi Thalib di sebuah perkemahan. Saat Umar ingin masuk ke perkemahannya dengan mengucapkan salam, rupanya Uwais sedang mendirikan shalat. Umar pun menunggu di luar.

Kemudian, keluarlah Uwais Al Qarni menemui Umar bersama Ali sambil menjawab salamnya. Sambil bersalaman, Umar dan Ali pun membalikan telapak tangan Uwais, seperti yang pernah disabdakan Nabi bahwa telapak tangannya ada tanda putih. Memang benar, tampaklah tanda putih di telapak tangan Uwais.

"Kami datang kesini untuk memohon didoakan dan istighfar dari Anda," Ujar Umar.

Uwais pun enggan dan berkata,: "Sayalah yang harus meminta doa pada kalian," Ujar Uwais.

Setelah didesak oleh sahabat Nabi tersebut, Uwais Al Qarni pun akhirnya mengangkat tangan dan berdoa dan membacakan istighfar untuk Umar dan Ali. Setelah didoakan, Khalifah Umar pun berjanji untuk menyumbangkan uang negara kepada Uwais sebagai jaminan hidupnya. Uwais pun menapiknya dan berkata kepada Umar dan Ali bahwa agar hari ini saja Uwais diketahui orang. Untuk hari selanjutnya biarlah ia tidak diketahui orang lagi.

“Hamba mohon supaya hari ini saja hamba diketahui orang. Untuk hari-hari selanjutnya, biarlah hamba yang fakir ini tidak diketahui orang lagi," ujar Uwais.

Wafatnya Uwais Al Qarni

Beberapa tahun kemudian, Uwais pun wafat. Namun, wafatnya Uwais Al Qarni yang tidak dikenal oleh penduduk Yaman lantaran fakir dan miskinya tapi wafatnya Uwais membuat gempar masyarakat Yaman pada saat itu.

Pada saat jenazah Uwais Al Qarni akan di mandikan, tiba-tiba sudah banyak orang yang ingin berebutan ingin memandikannya. Dan ketika di bawa ke tempat pembaringan untuk dikafani, di sana pun sudah ada orang-orang yang sudah menunggu untuk mengafaninya. Demikian pula ketika orang pergi hendak menggali kuburannya, di sana ternyata sudah ada orang-orang yang menggali kuburnya hingga selesai. Ketika usungan dibawa ke pekuburannya, luar biasa banyaknya orang yang berebutan untuk menusungnya.

Meninggalnya Uwais Al Qarni telah menggemparkan masyarakat kota Yaman. Banyak terjadi hal-hal yang amat mengherankan. Sedemikian banyaknya orang yang tak kenal berdatangan untuk mengurus jenazah dan pemakamannya, padahal Uwais Al Qarni adalah seorang yang fakir yang tidak dihiraukan orang. Sejak ia dimandikan sampai ketika jenazahnya hendak diturunkan ke dalam kubur, di situ selalu ada orang-orang yang telah siap melaksanakannya terlebih dahulu.

Penduduk kota Yaman tercengang. Mereka saling bertanya-tanya, “Siapakah sebenarnya engkau Wahai Uwais Al Qarni? Bukankah Uwais yang kita kenal, hanyalah seorang fakir, yang tak memiliki apa-apa, yang kerjanya sehari-hari hanyalah sebagai pengembala domba dan unta? Tapi, ketika hari wafatnya, engkau menggemparkan penduduk Yaman dengan hadirnya manusia-manusia asing yang tidak pernah kami kenal.mereka datang dalam jumlah sedemikian banyaknya. Agaknya mereka adalah para malaikat yang diturunkan ke bumi, hanya untuk mengurus jenazah dan pemakamannya.”

Tidak terkenalnya Uwais Al Qarni adalah permintaan kepada Khalifah Umar dan Ali bahwa agar dirinya dirahasiakan. Barulah semua orang tahu sebagaimana yang telah disabdakan Nabi, bahwa Uwais Al Qarni adalah penduduk langit.

 

 

 

 





Fokus : Indahnya Islam



Shares
Facebook Twitter Google+ Linkedin



Komentar






33 menit yang lalu

Kapolri Sambangi Menteri LHK Bahas Karhutla Hingga Pencemaran Limbah

BeritaCenter.COM - Kapolri Jendral Pol Idham Aziz menyambangi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti..
36 menit yang lalu

Desa Siluman di Papua, Punya Kepala Kampung Tapi Tak Punya Warga

Beritacenter.COM - Pemerintah tengah mengusut adanya Desa siluman penerima dana desa. Desa siluman tersebut..
51 menit yang lalu

Sikat Dompet Pemilik Warung, Mantan Satpam Dicokok Polisi

Beritacenter.COM - Tri Wahyudi (32), pecatan satpam warga Desa Gedangan, Kecamatan Sukodadi, Lamongan, harus..
57 menit yang lalu

Video Polisi Hong Kong Semprot Cairan Merica ke Ibu Hami Tuai Kecaman Pengguna Twitter

Beritacenter.COM - Sebuah video menampakkan aksi brutal yang dilakukan polisi viral di media sosial. Video itu..
59 menit yang lalu

Gara-gara Mabok Sebuah Mobil Terjun Bebas Ke Sungai

Beritacenter.COM - Kecelakaan tunggal yang melibatkan sebuah mobil hingga masuk kedalam sungai di Kabupaten..
1 jam yang lalu

Ratusan Miliar Rupiah Dikeluarkan oleh Pertamina untuk Seismik 2D Terpanjang di Asia

Meidawati selaku Direktur Utama Pertamina Hulu Energi (PHE) menyebutkan jika kegiatan seismik 2D merupakan bagian..
1 jam yang lalu

Bawa Celurit, Begal Berhasil Diamankan Polisi

Beritacenter.COM - Dua pelaku yang di duga begal tertangkap basah ssetelah melakukan pengejaran korbannya di Jalan..
1 jam yang lalu

Vivo S5 Akan Rilis di China Beberapa Hari Lagi, Cek Spesifikasinya Yuk...

Diketahui juga jika kamera pada kedua model tersebut berbeda, tapi sebagian besar spesifikasinya sama. Vivo S5 juga..
1 jam yang lalu

Presiden Jokowi Tegaskan Pilkada Tetap Dipilih Langsung Masyarakat

BeritaCenter.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menengaskan pemilihan kepada daerah tetap harus melalui mekanisme..
1 jam yang lalu

Keren... Facebook Kembali Merilis Fitur Barunya. Yuk Cek di Sini...

Perusahaan yang dipimpin Mark Zuckerberg itu mengonfirmasi akan merilis Shortcut Bar Setting, namun untuk pertama..
1 jam yang lalu

Gubernur DKI Jakarta Tanda Tangani Kenaikan Pajak Kendaraan Bermotor Sebesar 12,5 Persen

Diketahui juga jika Perda tersebut telah disetujui DPRD DKI dan juga telah ditandatangani Gubernur DKI Jakarta Anies..
2 jam yang lalu

Rekam Wanita Ganti Baju, Edi Dicokok Polisi

Beritacenter.COM - Edi, sang pelaku perekam video di ruang ganti di salah satu mall di kawasan Wiyung, seorang..
2 jam yang lalu

Tiga Pembobol ATM Dibekuk Polisi di Manado, 2 Pelaku Karyawan Mitra Perbankan

Beritacenter.COM - Tiga pelaku pemobobol mesin ATM di Mapanget, Manado, Sulawesi Utara (Sulut), dibekuk polisi. Dari..
2 jam yang lalu

Salah Kaprah, Minum Darah Ular Bisa Meningkatkan Vitalitas Tubuh

Beritacenter.COM - Ular merupakan kelompok reptilia yang memiliki tubuh panjang dan tersebar luas di dunia. Ular bisa..
2 jam yang lalu

Perampok Minimarket di Tanggerang Ditembak Polisi

BeritaCenter.COM - Perampok minimarket di Kampung Pasir Kalong, Desa Cibadak, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang..
3 jam yang lalu

Dubes RI Untuk Arab Saudi "BANTAH" Soal Dokumen Pencekalan Rizieq

Beritacenter.COM - Duta Besar (Dubes) RI untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel membantah tudingan Habib Rizieq..
3 jam yang lalu

Dukung KPU, Johan Budi Setuju Mantan Koruptor Dilarang Maju Pilkada 2020

Beritacenter.COM - Anggota Komisi II DPR dari Fraksi PDIP, Johan Budi SP, mendukung langkah Komisi Pemilihan Umum..
3 jam yang lalu

Mantan Presiden Amerika Serikat, Jimmy Carter Dirawat Intensif di Rumah Sakit Universitas Emory

Jimmy Carter yang kini memasuki usia 95 tahun adalah Mantan Presiden tertua di Amerika Serikat. Kini, Jimmy Carter..
3 jam yang lalu

Soal Diksi 'Radikalisme', BNPT: Sekjen PBB Sebut Radikal Tak Melulu Negatif

Beritacenter.COM - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyebut penggunaan istilah 'radikalisme' di..
4 jam yang lalu

Dianggap Berbahaya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan dan Kebudayaan Berencana Larang Rokok Elektrik

Lebih lanjut Muhajir juga menyebutkan jika hal tersebut untuk menanggapi usulan Badan Pengawas Obat dan Makanan..
4 jam yang lalu

Hari Ini, Menhan Prabowo Akan Temui Tiga Duta Besar Negara Sahabat

BeritaCenter.COM - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto akan melakukan pertemuan dengan sejumlah Duta Besar (Dubes)..
4 jam yang lalu

Ini Kata Jokowi soal Rangkulan dan Salaman Akrab dengan Paloh-Sohibul

Beritacenter.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut momen rangkulan hangat dengan Ketum NasDem Surya Paloh dan..

+Indeks
Buat Artikel






 

About

  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Redaksi