Senin, 06 Juli 2020 - 11:37 WIB

Negara Yaman Pernah Digemparkan Dengan Sosok 'Penghuni Langit'

Oleh : Indah Pratiwi | Rabu, 30 Nopember 2016 | 15:09 WIB

Shares
Share Twitter Google+ Linkedin

Ilustrasi

Beritacenter.com - Sebuah kisah seorang pemuda yang bernama Uwais Al Qarni pernah mendiami bumi di zaman Rasulullah SAW. Uwais Al Qarni memiliki penyakit sopak, walau cacat tetapi pemuda tersebut dikenal oleh Rasulullah merupakan orang saleh dan sangat berbakti kepada Ibunya.

Uwais Al Qarni merupakan penduduk negeri Yaman yang hanya tinggal bersama ibunya. Uwais begitu senantiasa merawat dan memenuhi permintaan Ibunya. Namun, sewaktu ketika Ibunya ingin berangkat haji, Uwais pun termenung. Lantaran, perjalanan dari Yaman ke Mekkah sangatlah jauh, melewati samudera padang tandus yang gersang. Bagaimana mungkin Uwais bersama Ibunya harus mencapai kesana? sedang Uwais sangat miskin dan tidak memiliki kendaraan.

"Anakku, Ibu tak akan lama lagi bersamamu. Ikhtiarkanlah agar Ibu dapat mengerjakan haji," ujar sang Ibu.

Uwasi Al Qarni pun berpikir mencari jalan keluar. Dapatlah sebuah ide cemerlang yang kemudian dibelilah seekor anak lembu. Kemudian, ia membuat kandang di puncak bukit. Setiap hari ia berjalan bolak-balik naik turun perbukitan dengan menggendong seekor lembu. Orang-orang keheranan melihat tingkah laku Uwais karena dianggap aneh.

Semakin hari anak lembu makin besar dan Uwais pun memerlukan tenaga yang besar untuk menggendong lembu tersebut naik turun bukit. Tetapi, karena latihan setiap hari, anak lembu yang sudah besar itu tak terasa lagi digendongnya, bahka terasa ringan.

Selama 8 bulan Uwais berlatih, tibalah musim haji. Tubuh fisik Uwais makin berotot, tegap dan kuat. Ia menjadi bertenaga untuk membawa barang keperluan perjalanan haji. Baru tahulah orang-orang, bahwa Uwais membeli Lembu untuk latihan menggendong Ibunya sampai menuju Ka'bah menunaikan ibadah haji.

Ketika Uwais Al Qarni bersama Ibunya tiba dan wukuf di Ka'bah, cucuran air mata Ibu jatuh di pipi suci. Kemudian, Uwais dan Ibunya pun berdoa.

"Ya Allah, ampuni semua dosa Ibu," doa Uwais.

"Bagaimana dengan dosamu?," tutur lembut sang Ibu.

“Dengan terampuninya dosa ibu, maka ibu akan masuk surga. Cukuplah ridha ibu yang akan membawaku ke surga," ujar Uwais Al Qarni.

Perjalanan Madinah

Setelah beberapa tahun kemudian, Uwais Al Qarni meminta izin kepada Ibunya agar ia di izinkan untuk mengunjungi rumah Nabi Muhamad SAW. Uwais sebenarnya tidak tega meninggalkan ibunya yang sudah tua. Ibunya pun mengizinkan Uwais untuk menemui junjungannya dan ibu pun berpesan kepada Uwais agar setelah sampai di rumah Nabi, agar ia segera pulang ke rumah.

Akhirnya, Uwais pun mempersiapkan segala keperluan untuk Ibunya dan menitipkan sementara kepada tetangganya untuk dirawat. Pergilah Uwais menuju rumah Rasulullah SAW yang harus melewati lembah, perbukitan dan jurang terjal. Namun, hal itu tidak dirisaukan karena kuatnya niat Uwais Al Qarni ingin berjumpa dengan Rasulullah SAW.

Setelah tiba di kediaman Rasulullah, diketuklah pintu rumah Nabi Muhamad SAW sambil mengucapkan salam. Namun, saat itu Nabi tidak ada di rumah karena sedang berperang. Uwais hanya bertemu dengan Siti Aisyah r.a, Istri Nabi. Betapa gundahnya dan risau hati Uwais Al Qarni. Sudah jauh-jauh ia datang untuk berjumpa langsung dengan Nabi, tetapi tidak ia jumpainya.

Terlintas di pikiran Uwais untuk menunggu kedatangan Nabi dari medan Perang, tetapi kapankah Nabi Pulang? sedangkan ia teringat pesan ibunya yang terus terngiang-ngiang agar segera pulang. Uwais pun langsung pulang ke rumah dan tidak berhasil menemui Nabi.

Setiba Nabi Muhamad SAW di rumah usai perang, Nabi pun langsung menanyakan kepada Siti Aisyah r.a tentang orang yang mencari dirinya. Nabi pun besabda kepada sahabatnya bahwa Uwais merupakan orang yang taat kepada ibunya. Ia pun dijuluki sebagai penghuni langit dan bukan penduduk bumi.

Menurut keterangan Siti Aisyah r.a. memang benar ada yang mencari Nabi dan segera pulang ke Yaman, karena ibunya sudah tua dan sakit-sakitan sehingga ia tidak dapat meninggalkan ibunya terlalu lama. Nabi Muhammad melanjutkan keterangannya tentang Uwais Al Qarni, penghuni langit itu, kepada sahabatnya, “Kalau kalian ingin berjumpa dengan dia, perhatikanlah ia mempunyai tanda putih di tengah telapak tangannya.”

Setelah Nabi Muhamad SAW wafat, bergantilah kekhalifahan yang kemudian diamanahkan kepada sahabatnya Umar bin Khattab. Umar pun teringat pesan nabi itu, kemudian bersama sahabatnya Ali bin Abi Thalib mencari setiap musim haji penduduk dari asal Yaman untuk berjumpa dengan Uwais Al Qarni.

Setelah mendapatkan informasi bahwa Uwais Al Qarni ikut bersama rombongan di suatu musim haji dari Yaman, Umar pun menanyakan dimana Uwais berada. Kemudian, salah satu rombongan memberitahu bahwa Uwais berada di perbatasan kota menjaga hewan gembalanya.

Ditemuilah Uwais Al Qarni oleh Khalifah Umar bin Khatab bersama sahabatnya Ali bin Abi Thalib di sebuah perkemahan. Saat Umar ingin masuk ke perkemahannya dengan mengucapkan salam, rupanya Uwais sedang mendirikan shalat. Umar pun menunggu di luar.

Kemudian, keluarlah Uwais Al Qarni menemui Umar bersama Ali sambil menjawab salamnya. Sambil bersalaman, Umar dan Ali pun membalikan telapak tangan Uwais, seperti yang pernah disabdakan Nabi bahwa telapak tangannya ada tanda putih. Memang benar, tampaklah tanda putih di telapak tangan Uwais.

"Kami datang kesini untuk memohon didoakan dan istighfar dari Anda," Ujar Umar.

Uwais pun enggan dan berkata,: "Sayalah yang harus meminta doa pada kalian," Ujar Uwais.

Setelah didesak oleh sahabat Nabi tersebut, Uwais Al Qarni pun akhirnya mengangkat tangan dan berdoa dan membacakan istighfar untuk Umar dan Ali. Setelah didoakan, Khalifah Umar pun berjanji untuk menyumbangkan uang negara kepada Uwais sebagai jaminan hidupnya. Uwais pun menapiknya dan berkata kepada Umar dan Ali bahwa agar hari ini saja Uwais diketahui orang. Untuk hari selanjutnya biarlah ia tidak diketahui orang lagi.

“Hamba mohon supaya hari ini saja hamba diketahui orang. Untuk hari-hari selanjutnya, biarlah hamba yang fakir ini tidak diketahui orang lagi," ujar Uwais.

Wafatnya Uwais Al Qarni

Beberapa tahun kemudian, Uwais pun wafat. Namun, wafatnya Uwais Al Qarni yang tidak dikenal oleh penduduk Yaman lantaran fakir dan miskinya tapi wafatnya Uwais membuat gempar masyarakat Yaman pada saat itu.

Pada saat jenazah Uwais Al Qarni akan di mandikan, tiba-tiba sudah banyak orang yang ingin berebutan ingin memandikannya. Dan ketika di bawa ke tempat pembaringan untuk dikafani, di sana pun sudah ada orang-orang yang sudah menunggu untuk mengafaninya. Demikian pula ketika orang pergi hendak menggali kuburannya, di sana ternyata sudah ada orang-orang yang menggali kuburnya hingga selesai. Ketika usungan dibawa ke pekuburannya, luar biasa banyaknya orang yang berebutan untuk menusungnya.

Meninggalnya Uwais Al Qarni telah menggemparkan masyarakat kota Yaman. Banyak terjadi hal-hal yang amat mengherankan. Sedemikian banyaknya orang yang tak kenal berdatangan untuk mengurus jenazah dan pemakamannya, padahal Uwais Al Qarni adalah seorang yang fakir yang tidak dihiraukan orang. Sejak ia dimandikan sampai ketika jenazahnya hendak diturunkan ke dalam kubur, di situ selalu ada orang-orang yang telah siap melaksanakannya terlebih dahulu.

Penduduk kota Yaman tercengang. Mereka saling bertanya-tanya, “Siapakah sebenarnya engkau Wahai Uwais Al Qarni? Bukankah Uwais yang kita kenal, hanyalah seorang fakir, yang tak memiliki apa-apa, yang kerjanya sehari-hari hanyalah sebagai pengembala domba dan unta? Tapi, ketika hari wafatnya, engkau menggemparkan penduduk Yaman dengan hadirnya manusia-manusia asing yang tidak pernah kami kenal.mereka datang dalam jumlah sedemikian banyaknya. Agaknya mereka adalah para malaikat yang diturunkan ke bumi, hanya untuk mengurus jenazah dan pemakamannya.”

Tidak terkenalnya Uwais Al Qarni adalah permintaan kepada Khalifah Umar dan Ali bahwa agar dirinya dirahasiakan. Barulah semua orang tahu sebagaimana yang telah disabdakan Nabi, bahwa Uwais Al Qarni adalah penduduk langit.

 

 

 

 





Fokus : Indahnya Islam



Shares
Facebook Twitter Google+ Linkedin



Komentar






45 menit yang lalu

Akibat Ulah Suami Jemput Paksa Jenazah, Istrinya Yang Hamil Ikut Terpapar Corona

Beritacenter.COM - Polisi menetapkan tersangka kepada empat orang kasus jemput paksa jenazah virus Corona atau..
3 jam yang lalu

Pakar Hukum Trisakti: RUU HIP ke PIP Jebakan Batman

Beritacenter.COM - Pakar Hukum Universitas Trisakti, Abdul Fickar Hadjar mengatakan RUU HIP harus dicabut dari..
3 jam yang lalu

Pengacara Denny Siregar Ancam Laporkan Balik Jika Tak Terbukti

Beritacenter.COM - Pengacara Denny Siregar, Muannas Alaidid mengancam akan melaporkan balik jika laporan terhadap..
4 jam yang lalu

Rasakan Manfaat Mandi Air Hangat di Pagi Hari untuk Kesehatan

Beritacenter.COM - Memulai aktivitas dengan mandi menggunakan air hangat di pagi hari dapat mempengaruhi aktivitas..
5 jam yang lalu

Prediksi Cuaca di Jakarta Pada Hari ini Cerah Berawan

Beritacenter.COM - Hampir seluruh wilayah di DKI Jakarta pada Senin (6/7/2020) diprediksi akan cerah..
15 jam yang lalu

Pria dengan Luka Bacok di Leher Ditemukan Warga dalam Kondisi Sadar di Bekasi

Beritacenter.COM - Warga Jalan Kapuk Raya, Pengasinan, Bekasi Timur, dihebohkan dengan sesosok pria ditemukan..
17 jam yang lalu

Terus Bertambah, Angka Kesembuhan Pasien COVID-19 di Riau Capai 88,9%

Beritacenter.COM - Pasien positif Corona (COVID-19) yang sembuh di Riau terpantau terus bertambah. Hingga hari ini,..
18 jam yang lalu

Koruptor Was-was, RUU Perjanjian MLA RI-Swiss Disetujui

Beritacenter.COM - Perjanjian Bantuan Hukum Timbal Balik dalam Masalah Pidana atau Treaty on Mutual Legal..
1 hari yang lalu

Polisi Gelar Razia Warung Jamu di Depok, Amankan Puluhan Botol Miras

Beritacenter.COM - Jajaran Polsek Sawangan Depok menggelar razia di sebuah warung jamu yang berada di Kecamtan..
1 hari yang lalu

Digeruduk Massa setelah Viral Tendang Driver Ojol, Pria di Pekanbaru Diamankan Polisi

Beritacenter.COM - Viral di media sosial sebuah video yang menampakkan seorang pria tengah memarahi driver ojek..
1 hari yang lalu

Ini memang salah Jokowi

Pertamina Energy Trading Limited (PETRAL) adalah anak perusahaan PT Pertamina yang terdaftar di Singapura th 1992...
1 hari yang lalu

Gelar 'Apel Siaga Ganyang Komunis', PA 212 dkk Janji Akan Tertib dan Tak Buat Keributan

Beritacenter.COM - Menyusul digelarnya aksi bertajuk 'Apel Siaga Ganyang Komuni', pihak kepolisian mengimbau..
1 hari yang lalu

AC Milan Gempur Habis Lazio Tanpa Ampun

Beritacenter.COM - Kejutan besar terjadi di pekan 30 Serie A Liga Italia dengan tumbangnya Lazio dari AC Milan. Tak..
1 hari yang lalu

Prakiraan Cuaca Hari Ini Jakarta Cerah

Beritacenter.COM - Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca hari ini di wilayah DKI..
1 hari yang lalu

SUSAHNYA JADI SEORANG JOKOWI

Bekerja sungguh-sungguh dibilang pencitraan. Diam dibilang tidak tegas dan plonga plongo. Senyum dibilang munafik dan..
1 hari yang lalu

"Onani Politik Ala Kardun"

LBP atau Luhut Binsar Panjaitan  Bentengnya Jokowi Ngarep bangat diganti Biar kadrun gampang menerobos..
1 hari yang lalu

Kasus Covid-19 Terus Bertambah di Jatim, Khofifah Tegur Malang Raya

Beritacenter.COM - Kasus baru penularan virus Corona atau COVID-19 di Kota Malang meningkat dari sebelumnya penularan..
1 hari yang lalu

Awas! Makanan Ini Jangan Disimpan di Kulkas

Beritacenter.COM - Penggunaan lemari es sangat membantu untuk mengawetkan makanan, namun perlu diketahui bahwa..
1 hari yang lalu

Emak-emak Viral TikTok-an di Jembatan Suramadu Haturkan Permohonan Maaf

Beritacenter.COM - Viral video TikTok tiga emak-emak asyik bergaya di pinggir ruas jalan di Jembatan Suramadu...
1 hari yang lalu

Puluhan PSK di Jerman Gelar Aksi Demo 'Protes' Tutupnya Rumah Bordil Imbas COVID-19

Beritacenter.COM - Aksi unjuk rasa digelar sejumlah pekerja seks komersial (PSK) di Berlin, Jerman, menyusul tutupnya..
1 hari yang lalu

Polisi Minta PA 212 dkk Taati Aturan dan Tak Buat Keributan di Apel Gayang Komunis Besok

(Imbauannya) mereka mengikuti protokol yang ada dan jangan bikin keributan. Kan mereka ini hanya apel saja, habis..
1 hari yang lalu

Dandim 0501/JP BS Terima Penghargaan Dari Kapolda Metro Jaya

Beritacenter.COM - Kodam Jaya - Dalam rangka hari ulang tahun Kepolisian RI ke - 74, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol..

+Indeks

 

About

  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Redaksi