Minggu, 21 Juli 2019 - 12:46 WIB

Negara Yaman Pernah Digemparkan Dengan Sosok 'Penghuni Langit'

Oleh : Indah Pratiwi | Rabu, 30 Nopember 2016 | 15:09 WIB

Shares
Share Twitter Google+ Linkedin

Ilustrasi

Beritacenter.com - Sebuah kisah seorang pemuda yang bernama Uwais Al Qarni pernah mendiami bumi di zaman Rasulullah SAW. Uwais Al Qarni memiliki penyakit sopak, walau cacat tetapi pemuda tersebut dikenal oleh Rasulullah merupakan orang saleh dan sangat berbakti kepada Ibunya.

Uwais Al Qarni merupakan penduduk negeri Yaman yang hanya tinggal bersama ibunya. Uwais begitu senantiasa merawat dan memenuhi permintaan Ibunya. Namun, sewaktu ketika Ibunya ingin berangkat haji, Uwais pun termenung. Lantaran, perjalanan dari Yaman ke Mekkah sangatlah jauh, melewati samudera padang tandus yang gersang. Bagaimana mungkin Uwais bersama Ibunya harus mencapai kesana? sedang Uwais sangat miskin dan tidak memiliki kendaraan.

"Anakku, Ibu tak akan lama lagi bersamamu. Ikhtiarkanlah agar Ibu dapat mengerjakan haji," ujar sang Ibu.

Uwasi Al Qarni pun berpikir mencari jalan keluar. Dapatlah sebuah ide cemerlang yang kemudian dibelilah seekor anak lembu. Kemudian, ia membuat kandang di puncak bukit. Setiap hari ia berjalan bolak-balik naik turun perbukitan dengan menggendong seekor lembu. Orang-orang keheranan melihat tingkah laku Uwais karena dianggap aneh.

Semakin hari anak lembu makin besar dan Uwais pun memerlukan tenaga yang besar untuk menggendong lembu tersebut naik turun bukit. Tetapi, karena latihan setiap hari, anak lembu yang sudah besar itu tak terasa lagi digendongnya, bahka terasa ringan.

Selama 8 bulan Uwais berlatih, tibalah musim haji. Tubuh fisik Uwais makin berotot, tegap dan kuat. Ia menjadi bertenaga untuk membawa barang keperluan perjalanan haji. Baru tahulah orang-orang, bahwa Uwais membeli Lembu untuk latihan menggendong Ibunya sampai menuju Ka'bah menunaikan ibadah haji.

Ketika Uwais Al Qarni bersama Ibunya tiba dan wukuf di Ka'bah, cucuran air mata Ibu jatuh di pipi suci. Kemudian, Uwais dan Ibunya pun berdoa.

"Ya Allah, ampuni semua dosa Ibu," doa Uwais.

"Bagaimana dengan dosamu?," tutur lembut sang Ibu.

“Dengan terampuninya dosa ibu, maka ibu akan masuk surga. Cukuplah ridha ibu yang akan membawaku ke surga," ujar Uwais Al Qarni.

Perjalanan Madinah

Setelah beberapa tahun kemudian, Uwais Al Qarni meminta izin kepada Ibunya agar ia di izinkan untuk mengunjungi rumah Nabi Muhamad SAW. Uwais sebenarnya tidak tega meninggalkan ibunya yang sudah tua. Ibunya pun mengizinkan Uwais untuk menemui junjungannya dan ibu pun berpesan kepada Uwais agar setelah sampai di rumah Nabi, agar ia segera pulang ke rumah.

Akhirnya, Uwais pun mempersiapkan segala keperluan untuk Ibunya dan menitipkan sementara kepada tetangganya untuk dirawat. Pergilah Uwais menuju rumah Rasulullah SAW yang harus melewati lembah, perbukitan dan jurang terjal. Namun, hal itu tidak dirisaukan karena kuatnya niat Uwais Al Qarni ingin berjumpa dengan Rasulullah SAW.

Setelah tiba di kediaman Rasulullah, diketuklah pintu rumah Nabi Muhamad SAW sambil mengucapkan salam. Namun, saat itu Nabi tidak ada di rumah karena sedang berperang. Uwais hanya bertemu dengan Siti Aisyah r.a, Istri Nabi. Betapa gundahnya dan risau hati Uwais Al Qarni. Sudah jauh-jauh ia datang untuk berjumpa langsung dengan Nabi, tetapi tidak ia jumpainya.

Terlintas di pikiran Uwais untuk menunggu kedatangan Nabi dari medan Perang, tetapi kapankah Nabi Pulang? sedangkan ia teringat pesan ibunya yang terus terngiang-ngiang agar segera pulang. Uwais pun langsung pulang ke rumah dan tidak berhasil menemui Nabi.

Setiba Nabi Muhamad SAW di rumah usai perang, Nabi pun langsung menanyakan kepada Siti Aisyah r.a tentang orang yang mencari dirinya. Nabi pun besabda kepada sahabatnya bahwa Uwais merupakan orang yang taat kepada ibunya. Ia pun dijuluki sebagai penghuni langit dan bukan penduduk bumi.

Menurut keterangan Siti Aisyah r.a. memang benar ada yang mencari Nabi dan segera pulang ke Yaman, karena ibunya sudah tua dan sakit-sakitan sehingga ia tidak dapat meninggalkan ibunya terlalu lama. Nabi Muhammad melanjutkan keterangannya tentang Uwais Al Qarni, penghuni langit itu, kepada sahabatnya, “Kalau kalian ingin berjumpa dengan dia, perhatikanlah ia mempunyai tanda putih di tengah telapak tangannya.”

Setelah Nabi Muhamad SAW wafat, bergantilah kekhalifahan yang kemudian diamanahkan kepada sahabatnya Umar bin Khattab. Umar pun teringat pesan nabi itu, kemudian bersama sahabatnya Ali bin Abi Thalib mencari setiap musim haji penduduk dari asal Yaman untuk berjumpa dengan Uwais Al Qarni.

Setelah mendapatkan informasi bahwa Uwais Al Qarni ikut bersama rombongan di suatu musim haji dari Yaman, Umar pun menanyakan dimana Uwais berada. Kemudian, salah satu rombongan memberitahu bahwa Uwais berada di perbatasan kota menjaga hewan gembalanya.

Ditemuilah Uwais Al Qarni oleh Khalifah Umar bin Khatab bersama sahabatnya Ali bin Abi Thalib di sebuah perkemahan. Saat Umar ingin masuk ke perkemahannya dengan mengucapkan salam, rupanya Uwais sedang mendirikan shalat. Umar pun menunggu di luar.

Kemudian, keluarlah Uwais Al Qarni menemui Umar bersama Ali sambil menjawab salamnya. Sambil bersalaman, Umar dan Ali pun membalikan telapak tangan Uwais, seperti yang pernah disabdakan Nabi bahwa telapak tangannya ada tanda putih. Memang benar, tampaklah tanda putih di telapak tangan Uwais.

"Kami datang kesini untuk memohon didoakan dan istighfar dari Anda," Ujar Umar.

Uwais pun enggan dan berkata,: "Sayalah yang harus meminta doa pada kalian," Ujar Uwais.

Setelah didesak oleh sahabat Nabi tersebut, Uwais Al Qarni pun akhirnya mengangkat tangan dan berdoa dan membacakan istighfar untuk Umar dan Ali. Setelah didoakan, Khalifah Umar pun berjanji untuk menyumbangkan uang negara kepada Uwais sebagai jaminan hidupnya. Uwais pun menapiknya dan berkata kepada Umar dan Ali bahwa agar hari ini saja Uwais diketahui orang. Untuk hari selanjutnya biarlah ia tidak diketahui orang lagi.

“Hamba mohon supaya hari ini saja hamba diketahui orang. Untuk hari-hari selanjutnya, biarlah hamba yang fakir ini tidak diketahui orang lagi," ujar Uwais.

Wafatnya Uwais Al Qarni

Beberapa tahun kemudian, Uwais pun wafat. Namun, wafatnya Uwais Al Qarni yang tidak dikenal oleh penduduk Yaman lantaran fakir dan miskinya tapi wafatnya Uwais membuat gempar masyarakat Yaman pada saat itu.

Pada saat jenazah Uwais Al Qarni akan di mandikan, tiba-tiba sudah banyak orang yang ingin berebutan ingin memandikannya. Dan ketika di bawa ke tempat pembaringan untuk dikafani, di sana pun sudah ada orang-orang yang sudah menunggu untuk mengafaninya. Demikian pula ketika orang pergi hendak menggali kuburannya, di sana ternyata sudah ada orang-orang yang menggali kuburnya hingga selesai. Ketika usungan dibawa ke pekuburannya, luar biasa banyaknya orang yang berebutan untuk menusungnya.

Meninggalnya Uwais Al Qarni telah menggemparkan masyarakat kota Yaman. Banyak terjadi hal-hal yang amat mengherankan. Sedemikian banyaknya orang yang tak kenal berdatangan untuk mengurus jenazah dan pemakamannya, padahal Uwais Al Qarni adalah seorang yang fakir yang tidak dihiraukan orang. Sejak ia dimandikan sampai ketika jenazahnya hendak diturunkan ke dalam kubur, di situ selalu ada orang-orang yang telah siap melaksanakannya terlebih dahulu.

Penduduk kota Yaman tercengang. Mereka saling bertanya-tanya, “Siapakah sebenarnya engkau Wahai Uwais Al Qarni? Bukankah Uwais yang kita kenal, hanyalah seorang fakir, yang tak memiliki apa-apa, yang kerjanya sehari-hari hanyalah sebagai pengembala domba dan unta? Tapi, ketika hari wafatnya, engkau menggemparkan penduduk Yaman dengan hadirnya manusia-manusia asing yang tidak pernah kami kenal.mereka datang dalam jumlah sedemikian banyaknya. Agaknya mereka adalah para malaikat yang diturunkan ke bumi, hanya untuk mengurus jenazah dan pemakamannya.”

Tidak terkenalnya Uwais Al Qarni adalah permintaan kepada Khalifah Umar dan Ali bahwa agar dirinya dirahasiakan. Barulah semua orang tahu sebagaimana yang telah disabdakan Nabi, bahwa Uwais Al Qarni adalah penduduk langit.

 

 

 

 





Fokus : Indahnya Islam



Shares
Facebook Twitter Google+ Linkedin



Komentar






56 menit yang lalu

Menteri Susi Ancam 'Tenggelamkan' Pembuang Sampah Plastik di Laut

Beritacenter.COM - Menteri Keluatan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memperingatkan pelaku pembuang sampah atau limbah..
2 jam yang lalu

Tsamara soal Bambu Getah Getih: Pak Anies Kok Bahas Tiongkok, Apa Kaitannya?

Dulu istilah yang digunakan pribumi, sekarang tiba-tiba bahas impor besi dari Tiongkok, apa kaitannya?
3 jam yang lalu

Viral Medsos, Video Pria Cianjur Bongkar Makam dan Gendong Jasad Buat Heboh

Beritacenter.COM - Warganet media sosial dihebohkan dengan video berdurasi 28 detik yang menampilkan seorang pria..
4 jam yang lalu

Tak Fokus Kendarai Motor, Ibu dan Anak Tewas Hantam Minibus di Banjarmasin

Beritacenter.COM - Kecelakaan melibatkan sebuah mini bus dan sepeda motor terjadi di ruas Jalan Ahamd Yani, Desa..
4 jam yang lalu

Truk Tangki Pertamina dan Mobil Terbakar di Tol Wiyoto Wiyono Jaktim, 3 Orang Tewas

Beritacenter.COM - Truk tangki bermuatan bahan bakar dan sebuah mobil pribadi dilaporkan terbakar di Gerbang Tol..
14 jam yang lalu

Ketum KPPG Disomasi Karena Dukung Airlangga Secara Sepihak

Beritacenter.COM - Kader Perempuan dan Pengurus Pusat Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG) melayangkan somasi..
19 jam yang lalu

Nggak Penting Koalisi Apa Oposisi

Pentingkah perdebatan soal koalisi, oposisi, dan si-si lainnya? Para elite politik, juga para pengamat, hanya sibuk..
21 jam yang lalu

FPI "Sebut" Rizieq "Gak Punya Masalah, Kok Gak Berani Pulang....!

Beritacenter.COM - Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI) Munarman mempertanyakan Polri atas pernyataannya yang..
22 jam yang lalu

Jurus Sia-Sia Ijtima Ulama 4 Pasca Pertemuan Jokowi-Prabowo

Persaudaraan Alumni (PA) 212 berencana menggelar ijtima Ulama keempat untuk menentukan sikap setelah Capres yang..
23 jam yang lalu

Akan Gelar Ijtima Ulama ke-4, Rakyat Udah Tidak Percaya Lagi...!

Beritacenter.COM - Banyak pendukung Prabowo yang tidak puas dengan hasil kemenangan Jokowi-Amin di Pilpres 2019...
1 hari yang lalu

Ini Kata Kompolnas Mengenai Tim Teknis Kasus Novel

BeritaCenter.COM - Anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Andrea H Poeloengan mengatakan, tim teknis kasus..
1 hari yang lalu

Diisukan Latih Timnas Jerman, Jurgen Klopp : Saya Berjanji Akan Setia Dengan Liverpool

Beritacenter.COM - Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp berjanji akan menuntaskan kontraknya hingga berakhir. Klopp juga..
1 hari yang lalu

Kompolnas Minta Tim Teknis Kasus Novel Tak Perlu Diragukan

BeritaCenter.COM - Kapolri Jenderal Tito Karnavian akan membentuk tim teknis kasus Novel Baswedan..
1 hari yang lalu

MUI Dukung Kebijakan Pemerintah Lakukan Tes Narkoba Bagi Pasangan Mau Nikah

Beritacenter.COM - Majelis Ulama Indonesia (MUI) mendukung kebijakan pemerintah melalui Kementerian Agama untuk..
1 hari yang lalu

Segudang Manfaat Makan Cokelat di Pagi Hari

Beritacenter.COM - Cokelat adalah salah satu makanan yang digemari dari kalangan anak muda hingga orang dewasa. Tapi..
1 hari yang lalu

Wilayah Seram Bagian Barat Maluku Diguncang Gempa 5 Magnitudo

Beritacenter.COM - Wilayah Seram Bagian Barat Maluku diguncang gempa berkekuatan 5 magnitudo. Gempa itu dipastikan..
1 hari yang lalu

Polisi Sebut Nunung Sempat Utang Rp1,1 Juta Pembayaran Sabu ke Pengedar

Nunung telah serahkan uang pembayaran sabu Rp 3.700.000 kepada tersangka (Hery), yang sebelumnya masih utang Rp 1.100.000
1 hari yang lalu

Akui Modric Sempurna untuk Milan, Maldini: Kami Tak Pernah Bernegosiasi Untuknya

Beritacenter.COM - Gelandang Real Madrid, Luka Modric, disebut Legenda AC Milan, Paolo Maldini, akan sangat sempurna..
1 hari yang lalu

Dibandrol Rp18 Jutaan, Skuter Listrik Gaya Retro Teranyar Viar Resmi Diluncurkan

Beritacenter.COM - Pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, di ICE BSD, Tangerang..
1 hari yang lalu

Polda Metro Kejar DPO Terduga Pemasok Sabu ke Komedian Nunung

Saat ini tim sedang lakukan pengembangan ke DPO (daftar pencarian orang) E dan tersangka lainnya
1 hari yang lalu

Alasan Jaga Stamina, Nunung dan Suami Sudah 5 Bulan Pakai Sabu

Tersangka 2 (July Jan Sambiran) dan 3 (Nunung) mengakui memakai sabu 5 bulan lalu untuk stamina dalam bekerja
1 hari yang lalu

AHY Soal Isu Jadi Menteri Jokowi: Tentu Saya Siap Jika Negara Membutuhkan

Saya merasa bahwa apapun yang menjadi peran saya nantinya, jika rakyat dan negara membutuhkan kontribusi generasi muda, tentunya kita siap

+Indeks
Buat Artikel






 

About

  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Redaksi