Selasa, 21 Januari 2020 - 21:02 WIB

Keren! 8 Pesepakbola Dunia Ini Bergelar Sarjana

Oleh : Adam Khan | Rabu, 11 Oktober 2017 | 20:58 WIB

Shares
Share Twitter Google+ Linkedin


BeritaCenter.COM- Sepakbola merupakan olahraga yang digemari banyak orang, namun, menjadi pemain sepakbola profesional sungguh tidaklah mudah. Perlu kerja keras dan kegigihan disetiap sesi latihan agar sesuai dengan keinginan sang pelatih, untuk diturunkan sebagai starting eleven.

Kesibukan menjadi pemain sepakbola, membuat waktu luang itu sangat berharga, banyak dari pemain yang menghabiskan waktu luang hanya untuk beristirahat dengan berlibur atau menghabiskan waktu bersama orang yang disayang. Hanya, sedikit dari mereka yang memilih untuk menggunakan waktu luang tersebut untuk meniti jenjang pendidikan.

1. Robert Lewandowski

Baru-baru ini, kabar hangat terdengar, seorang striker dengan kemampuan tajam mencetak gol dan menjadi andalan utama di lini depan, baik itu di klub maupun di timnas, Robert Lewandowski, telah berhasil menyelesaikan studi kuliahnya. Ia mengambil jurusan Pendidikan Fisik di Sekolah Olahraga Warsawa, Polandia dan berhasil rampung dengan karya ilmiah skripsi berjudul : "RL9, Langkah Menuju Kesuksesan".

Meski menuntaskan gelar sarjananya dalam rentan waktu 10 tahun, namun hal itu bukan masalah mengingat karirnya di lapangan hijau begitu sukses, seperti skripsi yang ia tuliskan.

2. Gleen Johnshon

Bermain sebagai bek kiri, Gleen Johnshon sukses memerankannya dengan baik di level klub hingga timnas Inggris. Gaya bermainnya yang lugas, ia tahu ketika waktunya untuk membantu serangan dengan memberikan umpan silang dan bertahan.

Ketika menjalani kehidupan diluar kesibukannya sebagai pesepakbola profesional, eks pemain Liverpool yang kini merumput bersama Stoke City ini memilih untuk meneruskan jenjang pendidikannya dengan memilih jurusan yang selama ini menjadi momok bagi para kaum pelajar, Matematika.

Alasannya cukup wajar, Gleen Johnson mengaku semasa sekolahnya ia cakap dalam hitung-hitungan. Dan benar saja, ia berhasil meraih gelarnya di Jurusan matematika.

3. Juan Mata

Karirnya sebagai pesepakbola malang-melintang dari dataran Spanyol hingga ke Inggris. Gemilang ketika memerankan peran sebagai playmaker, Cerdik membongkar pertahanan lawan dan memberikan umpan manis itulah kemampuannya.

Bersama mantan klubnya, Chelsea hingga kini di Manchester United berbagai tropi berhasil Ia kukuhkan. Tak hanya di klub, Mata juga hebat ketika bermain bersama rekan setanah airnya, capaian Spanyol di ajang Piala Dunia 2010 dan Euro 2012 tak lepas dari kinerjanya.

Sebagai seorang pemain sebakbola profesional, alumni sekolah bola Real Madrid Castilla ini juga tak melupakan kehidupannya di dunia pendidikan, Mata merupakan seorang sarjana jurusan jurnalisme Universitas Madrid dan Marketing and Sports Science di Universitas Manchester.

Tak puas hanya jadi sarjana, Juan Mata melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi dan berhasil meraih gelar master S2. Selain itu Ia cukup aktif menulis di blog pribadinya.

4. Vincent Kompany

Tangguh di lini belakang, bila kamu adalah seorang pecinta Game FIFA atau PES sudah pasti akan mengandalkannya baik ketika menggunakan team Manchester City maupun timnas Belgia. Kehebatannya di dunia game terlahir dari sosoknya di dunia nyata sepakbola.

Semenjak dipinang City, Kompany berhasil mematenkan tempatnya sebagai seorang bek tengah tangguh ketika bertahan, dan memiliki kemampuan menjebol gawang musuh disituasi bola mati. Memikul ban kapten, Vini, Vidi, Vici berhasil menorehkan berbagai trophy bergengsi, mulai dari titel Priemier Lueage, Piala FA, Piala Liga dan Community Shield.

5. Simon Mignolet

Menjadi andalan sebagai penjaga gawang di Liverpool, meski penampilannya mengalami masa naik turun dan harus bersaing dengan Loris Karius untuk menjadi yang pemain no 1 dibawah mistar gawang.

Cemerlang karirnya di Liverpool tak lepas dari penampilannya ketika Ia masih berseragam Sunderland. Bisa dikatakan ia meraih segalanya di klub dengan julukan The Black Cats ini, meski di tengah kesibukannya sebagai penjaga gawang Sunderland kala itu, tak lantas membuat Ia menjadikan masa luangnya sia-sia, Mignolet belajar ilmu politik di Catholic University of Lueven, dan berhasil menamatkan beberapa tahun kemudian.

Menyoal kecerdasannya bukan sebagai pesepakbola, melainkan sebagai akademisi, gelar sarjana bukanlah satu satunya, Simon Mignolet juga menguasai 4 bahasa yaitu Inggris, Prancis, Belanda dan Jerman.

6. Andrei Arshavin

Momen yang melambungkan namanya sudah tentu ketika Arshavin membawa timnas Rusia menuju semifinal Euro pada tahun 2008, membuat klub dengan julukan The Gunners kepincut untuk menggunakan jasanya setahun kemudian. Ia pun berhasil mencatatkan namanya di papan skor 4 kali ketika berhadapan dengan Liverpool.

Memang karirnya di Arsenal tak begitu cemerlang, berbeda ketika pria kelahiran Leningrad, 29 Mei 1981 merumput bersama klub masa kecilnya, Zenit Saint Petersburg, cerita tentang kehidupannya ada disana, mulai dari Trophy hingga kesuksesannya di dunia pendidikan.

Arshavin merupakan sarjana teknologi dan desain di ST Petersburg State University. Selain itu Ia sukses dengan memiliki merek pakaiannya sendiri serta menuliskan bukua yang berjudul "555 Quetions and Answers on Wimen, Money, Politics and Football".

7. Yuto Nagatomo

Sebagai salah satu pemain Asia yang sukses merumput di Eropa, Nagatomo merupakan bek kiri lincah andalan Inter Milan dan sempat memegang ban kapten. Kesibukannya sebagai seorang pesepakbola, tak menghentikannya untuk meniti jenjang pendidikan setinggi-tingginya seperti warga Jepang kebanyakan.

Eks pemain Cesen dan Fc Tokyo ini merupakan lulusan fakultas ekonomi di Doshihah University. Dan berhasil merampungkan dua buku pada kurun waktu 2007-2011.

8. Giorgio Chiellini

Kepiawaiannya dalam mengawal lini belakang pertahanan sudah tak diragukan lagi, Sudah banyak pasang mata menyaksikkan. Tak pelak Ia dianugerahi sebagai salah satu pemain dengan ketahanan fisik terkuat di dunia. Dilapangan hijau, sosok Giorgino Chiellini tak tergantikan baik itu di clubnya, Juventus maupun Timnas Italia.

Di luar kehidupannya sebagai seorang pesepakbola profesional, Chiellini merupakan sosok yang pintar. Setidaknya itu terlihat ketika ia mendapatkan nilai tertinggi ketika lulus SMA, tak puas sampai disini, Ia meneruskan pendidikannya hingga mendapat gelar master di bidang studi Bisnis Ekonomi di Universitas Manajemen dan Ekonomi Turin, ia meraih penghargaan cumlaude alias mahasiswa yang lulus dengan nilai terbaik.

Sudah jelas, bahwa Chiellini sangat berbeda dengan pemain lainnya dalam urusan sukses di dunia sepakbola dan pendidikan. Terbaik.






Shares
Facebook Twitter Google+ Linkedin



Komentar






32 menit yang lalu

Tebarkan Ujaran Kebencian, Pendukung Anies Dilaporkan Ke Polisi

Beritacenter.COM - Pendukung Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dilaporkan ke polisi karena dianggap membawa..
1 jam yang lalu

Ketika Negara Membuka Pintu Bagi Para Perampok

Dalam kasus Jiwasraya, ingatan saya justru tertuju pada kisaran waktu tahun 2013. Apa jadinya jika Perbankan, Pasar..
2 jam yang lalu

Victor Moses Selangkah Lagi Gabung ke Inter Milan

Beritacenter.COM - Inter Milan kembali merekrut mantan pemain Liga Inggris. Kabarnya Victor Moses selangkah lagi akan..
2 jam yang lalu

Mobil Muatan Sapi Curian Kecelakaan di Sulawesi Tenggara, Sopir Melarikan Diri

Beritacenter.COM - Terjadi kecelakaan tunggal di pintu gerbang Ranomeeto, Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara (Sultra)...
3 jam yang lalu

Hubungan Tidak Direstui, Menantu Nekat Bunuh Mertua

Beritacenter.COM - Ambo Laila alias Anto seorang menantu tega membunuh mertuanya sendiri, Osarao Gea alias Pendi...
3 jam yang lalu

Dikenal Sopan Satun Hasan Si Tukang Cabul Sesama Jenis Diamankan Polisi

Beritacenter.COM - Pasca penangkapan tersangka Hasan, oleh tim dari Polda Jawa Timur pada 15 Januari lalu, rumah..
3 jam yang lalu

Polri Siap Bantu KPK Selidiki Keberadaan Harun Masiku

Beritacenter.COM - Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Argo Yuwono..
4 jam yang lalu

Jasad Pria Tua Ditemukan Tewas Mengenaskan di Dekat Stasiun Taman Kota

Beritacenter.COM - Seorang kakek ditemukan tewas di dekat Stasiun Taman Kota, Kembangan, Jakarta Barat, pada Selasa..
4 jam yang lalu

Main Bugil-bugilan Ditempat Gelap, 6 Pelajar Pasangan Mesum Diciduk Satpol PP

Beritacenter.COM - Petugas Satpol PP mengamankan 6 pasangan muda-mudi yang bermain gelap-gelapan di dalam alon-alon...
5 jam yang lalu

Astaga...! Cabuli Santrinya Ustadz Ini Diamankan Polisi

Beritacenter.COM - Petugas Unit PPA Satreskrim Polres Bondowoso, telah menetapkan seorang ustad sebuah taman..
5 jam yang lalu

Polisi Ciduk Pria Pembegal Bokong di Jaktim, Pengakuannya Mengagetkan

BeritaCenter.COM - Polisi berhasil menangkap pria bermotor yang meremas bokong mahasiswa di Jakarta Timur. Pelaku..
5 jam yang lalu

Pengakuan Istri Sebut Harun Masiku Sudah di Jakarta

BeritaCenter.COM – Istri tersangka suap PAW anggota DPR dari PDIP, Harun Masiku, membuat pengakuan mengagetkan...
5 jam yang lalu

Diduga Korstling Listrik, Restoran dan Toko Antik di Bali Terbakar

Beritacenter.COM - Sebuah restoran dan toko barang antik yang berada di kawasan Canggu, Kuta, Kabupaten Badung, Bali,..
5 jam yang lalu

Takut Foto Bugilnya Di Sebar, AC Rela Digagahi Pacarnya Berulang-ulang Kali

Beritacenter.COM - MA (28) warga Kecamatan Bagor Nganjuk, harus berursan dengan pihak kepolisian setelah mencabuli..
5 jam yang lalu

Tak Jadi Dikurangi, Uang Saku Haji 2020 Tetap 1.500 Riyal

BeritaCenter.COM – Kementerian Agama menegaskan bahwa uang saku untuk jamaah haji 2020 tidak akan ada..
5 jam yang lalu

Jual Sabu Tukang Las Dicokok Polisi

Beritacenter.COM - Sofyan warga Desa Ploso Kecamatan Plos Jombang harus berurusan dengan pihak kepolisian setelah..
6 jam yang lalu

Kapal Pinisi Pengangkut Wartawan Terbalik di Labuan Bajo, Istana : Semua Selamat

Beritacenter.COM - Kapal Plataran Phinisi, yang ditumpangi rombongan wartawan peliput Istana, terbalik di Labuan..
6 jam yang lalu

Capaian Kerja KPK Firli Cs: 21 Hari Kerja, 22 Orang Jadi Tersangka

BeritaCenter.COM - Ketua KPK Firli Bahuri bersama keempat komisioner lainnya telah bertemu dengan pimpinan Komisi III..
6 jam yang lalu

Ini Kronologi Terbaliknya Kapal Pengangkut Wartawan Istana di Labuan Bajo

Beritacenter.COM - Kapal Plataran Pinisil Bali yang ditumpangi oleh rombongan wartawan meliput Istana, terbalik di..
7 jam yang lalu

Polri Ungkap Penyelundupan Sabu 70 Kg Jaringan Internasional

Beritacenter.COM - Jajaran anggota kepolisian berhasil membongkar upaya peredaran narkoba jenis sabu jaringan..
7 jam yang lalu

Bahas Terorisme, Menko Polhukam Panggil Sejumlah Menteri

Beritacenter.COM - Menteri Politik Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkopolhukam) Manfud MD memanggil sejumlah menteri..
7 jam yang lalu

Arteria Dahlan Desak Kejaksaan Usut Kasus Lama Novel Baswedan

Beritacenter.COM - Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Arteria Dahlan mendesak Kejaksaan Agung untuk..

+Indeks
Buat Artikel






 

About

  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Redaksi