Wednesday, 24 Apr 2019
Temukan Kami di :
Nasional

Kekuatan Literasi "Obat Mujarab" Tangkal Hoax

Indah Pratiwi - 01/11/2018 09:13

Beritacenter.COM - Sekretaris Cabang Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Jakarta Samuel Hutapea meminta seluruh masyarakat agar mewaspasdai bahaya hoaks yang marak terjadi belakangan ini.

Pasalnya, hoaks yang marak dihembuskan belakangan ini syarat akan kepentingan politik sekelompok orang guna memenuhi hasrat politik mereka.

“Kepentingan politik ini membuat hoax menjadi sangat masif, karena hoax ini bisa menghasilkan keuntungan ekonomi,” kata Samuel dalam kegiatan Focus Grup Discussion (FGD) oleh Forum Mahasiswa Pusaka Nusantara (FMPN) dengan tema “Sinergitas Pemerintah, Mahasiswa dan Elemen Masyarakat dalam memerangi Hoax menyambut pesta demokrasi Pemilu 2019” di Gedung Juang 45, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (31/10/2018).

Untuk solusi, lanjut Samuel, penting dilakukan pelatihan literasi dan pendidikan politik untuk menangkal hoax.

“Literasi dan pendidikan politik penting untuk membuat masyarakat Indonesia menjadi matang dalam berpolitik sehingga akhirnya dapat mengurangi hoax-hoax di masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Presidium Gerakan Kemasyarakatan Pengurus Pusat PMKRI, Rinto Namang mengemukakan bahwa hoax sudah ada dari zaman dahulu. Bahkan setiap individu bisa menjadi penyebar Hoax.

“Maka dari itu, untuk menangkal hoax, perlu ada peningkatan kesadaran di setiap individu, sikap kritis bahwa hoax bisa memicu perpecahan” ujar Rinto.

Pada kesempatan ini Forum Mahasiswa Pusaka Nusantara, turut mengikrar Semangat Sumpah Pemuda, dengan mengemukakan “Kami Mahasiswa Dan Pemuda Berkomitmen Memerangi Hoax, Ujaran Kebencian dan Politik Identitas, untuk mensukseskan Pemilu Tahun 2019 yang Aman dan Damai”.




Berita Lainnya

Yasonna H Laoly : Masyarakat Harus Percaya KPU

24/04/2019 09:00 - Indah Pratiwi Budi
Kemukakan Pendapat


BOLA