Tuesday, 25 Jun 2019
Temukan Kami di :
Teknologi

Kartu SIM Prabayar Akan Diblokir, Ini Alasannya...

Indah Pratiwi - 29/12/2018 00:09

Beritacenter.COM - Pelanggaran registrasi kartu HP SIM prabayar dengan menggunakan identitas pihak lain rupanya marak terjadi. Karena masih bisa diakali, maka SMS dan telepon spam pun masih beredar di masyarakat.

Komisioner Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI), I Ketut Prihadi Kresna Murti, bersama Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyebut bahwa salah satu tujuan registrasi kartu SIM prabayar adalah untuk mencegah penipuan bagi konsumen.

“Setelah tahun baru nanti kita minta data-data dari operator, berapa jumlah pelanggannya, berapa jumlah pelanggan yang registrasi lebih dari tiga nomor dengan satu NIK dan KK,” tandas Ketut.

Berdasarkan data yang akan diperoleh, nomor-nomor yang dinilai melanggar ketentuan registrasi akan diblokir. “Tapi sebelum diblokir, diberi notifikasi dulu untuk registrasi ulang,” lanjut Ketut.

Penyelenggaran registrasi kartu SIM prabayar resmi berakhir Mei lalu. Namun, tujuh bulan berselang, SMS dan telepon spam masih banyak dikeluhkan. Aturan ini ditujukan untuk mempertegas penyelenggaran registrasi agar tidak multitafsir. Ketut menjelaskan bahwa aturan tersebut juga melarang registrasi kartu secara masif.

“Jadi misalnya ada perangkat yang digunakan untuk registrasi masif di lapak atau gerai mitra operator, sekarang itu dilarang,” jelasnya.

Jika hal itu dilanggar dengan menggunakan data orang lain, maka ada sanksi pidana menunggu bagi pihak-pihak yang menggunakan identitas orang lain.

“Kalau orang lain menggunakan identitas orang lainnya untuk registrasi, bisa dikenakan undang-undang ITE karena memanipulasi data elektronik atau undang-undang kependudukan,” paparnya.




Berita Lainnya

Canggih, Robot Polisi Mulai Berjalan di AS

21/06/2019 12:01 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA