Sabtu, 23 Maret 2019 - 21:41 WIB

Ini Dia Segudang Manfaat Kunyit

Oleh : Lukman Salasi | Jumat, 15 Maret 2019 | 07:25 WIB

Shares
Share Twitter Google+ Linkedin


BeritaCenter.com - Indonesia sejak dulu dikenal dengan keragaman tanaman-tanamannya. Mulai dari tanaman pangan, tanaman obat-obatan, dan rempah-rempah.

Dari sekian banyak jenis tanaman tersebut, kunyit salah satu tanaman yang memiliki beragam manfaat dan khasiat. Tanaman kunyit berasal dari Asia Tenggara, dan diduga kuat berasal dari India dan Indo-Malaysia.

Tanaman ini banyak ditumbuhkembangkan di beberapa negara seperti Bangladesh, China, Filipina, India, Indoneisa, Jamaika, Sri Lanka, dan Taiwan. Tanaman ini memiliki persyaratan tumbuh pada dataran rendah 2.000 mdpl, dengan jenis tanah serupa liat atau berpasir.

Tanaman ini termasuk dalam jenis temu-temuan dan tergolong dalam famili Zingiberaceae. Bagian utama dari tanaman kunyit adalah rimpangnya atau tempat tumbuhnya tunas. Kulit rimpang tanaman ini memiliki warna cokelat dan bagian dalamnya berwarna kuning tua, kuning jingga, atau kuning jingga kemerahan. Secara penampakan, kunyit dideskripsikan seperti penjelasan di atas.

Kandungan Utama Kunyit

Rimpang kunyit juga menyimpan berbagai zat kimia di dalamnya. Kandungan utama rimpang kunyit adalah kurkuminoid dan minyak atsiri. Kurkuminoid dan turunannya yaitu demetoksikurkumin dan bismideksikurkumin pada tanaman kunyit memiliki konsentrasi sebesar 3% sampai 5%. Kurkuminoid memiliki bentuk kristal prisma atau batang pendek, membentuk emulsi atau tidak larut dalam air, namun kurkumin dapat dengan mudah larut dalam aseton, etanol, metanol, bensen, dan khloroform.

Kurkuminoid inilah yang memberikan kesan warna kuning jingga pada tanaman ini. Selanjutnya adalah minyak atsiri pada kunyit memiliki persentase sebesar 2,5% sampai 6,0%. Minyak atsiri pada kunyit terbagi lagi dalam komponen artumeron, tumerol, alfa atlanton, beta klairofilen, linalol, dan borneol. Selain 2 bahan utama berupa kurkuminoid dan minyak atsiri, pada kunyit juga terdapat beberapa senyawa lain seperti pati, lemak, protein, kamfer, resin, damar, kalsium, dan zat besi. Kandungan utama berupa kurkuminoid dan turunannya inilah yang membuat kunyit dimanfaatkan untuk berbagai keperluan dari mulai bumbu, rempah, bahan pangan, pengawet, pewarna kosmetik, dan obat-obatan. Apa saja kegunaan dari kunyit?

Manfaat Kunyit Sebagai Obat-obatan

Berdasarkan warta penelitian dan pengembangan tanaman industri volume 19 No.2 yang dikeluarkan oleh Dinas Pertanian Republik Indonesia (Sekarang Kementerian Pertanian), manfaat kunyit bisa digunakan sebagai obat tradisional. Kunyit memiliki manfaat sebagai jamu dan obat tradisional untuk berbagai jenis penyakit. Senyawa yang terkandung dalam kunyit yaitu kurkuminoid dan minyak atsiri mempunyai peranan sebagai antioksidan, antitumor, dan antikanker.

Antioksidan adalah senyawa yang dapat menangkal senyawa-senyawa radikal bebas. Secara in-vitro telah dibuktikan bahwa kurkuminoid kunyit dapat menghambat proses peroksidasilemak pada hati tikus. Kurkuminoid dilaporkan merupakan antioksidan yang kuat dan memiliki daya antioksidan 8 kali lebih kuat dibandingkan dengan vitamin E. Manfaat kunyit sebagai antikanker dan anti tumor telah dibuktikan secara in-vitro. Masih dalam jurnal yang sama, senyawa kurkuminoid dalam rimpang kunyit memiliki sifat sitotoksik yang dapat menghambat proliferasi sel-sel kanker dan dapat mengurangi dan menghilangkan bau, rasa gatal, dan mengurangi ukuran luka dari kanker. Oleh karena itu, kunyit memungkinkan untuk digunakan sebagai antiradang yang berguna dalam terapi pengobatan kanker dan tumor.

Kunyit Asam Sebagai Jamu

Selain sebagai obat, rimpang kunyit juga digunakan sebagai jamu yang sebenarnya adalah obat juga, namun dalam bentuk yang lebih tradisional. Bahan rimpang kunyit yang digunakan sebagai ramuan jamu atau obat dapat berbentuk simplisia, serbuk, rimpang segar, kapsul ekstrak, kapsul serbuk, atau pil. Kegunaan kunyit untuk digunakan sebagai jamu ada banyak sekali. Apabila rimpang kunyit dibakar, asapnya dapat digunakan sebagai pelega dari hidung yang tersumbat. Pasta dari bunga kunyit dapat digunakan untuk obat cacing, penyakit kulit, dan penyakit kelamin. Ramuan jamu kunyit asam yang merupakan campuran rimpang kunyit dan asam Jawa serta gula merah dapat digunakan untuk menghilangkan bau keringat, rasa sakit sewaktu menstruasi, dan rasa pegal-pegal di persendian. Jadi untuk Anda kaum hawa yang sedang menstruasi dan merasakan nyeri, bisa mencoba membuat jamu kunyit asam tersebut. Manfaat kunyit asam jauh lebih aman daripada membeli obat-obat kimia yang digunakan untuk fungsi yang sama yaitu pereda rasa nyeri bukan?

Untuk yang mengalami gigi bengkak, Anda dapat mengatasinya dengan mengiris-iris rimpang dan campurkan dengan gambir, seduh menggunakan air mendidih lalu gunakan sebagai obat kumur. Nah selanjutnya adalah jamu untuk kalangan orang tua yang memiliki rematik. Anda bisa menggunakan rimpang kunyit yang digiling halus.

Kunyit Sebagai Bahan Bumbu dan Kosmetik

Setelah selesai membahas fungsi kunyit sebagai obat dan jamu, kita akan membahas fungsi lain kunyit yaitu sebagai bumbu dan kosmetik. Kunyit biasa digunakan sebagai bumbu untuk memasak ikan dan daging. Hal ini dikarenakan kunyit dapat menghilangkan bau anyir. Di beberapa daerah misalnya Sumatera Barat, daun kunyit sering digunakan untuk memasak daging rendang. Di India, serbuk kunyit sering digunakan sebagai dasar bumbu makanan sejenis Curry. Sementara hal berbeda di Maroko, kunyit sering digunakan untuk bumbu makanan bernama Haira Soup.

Masyarakat Indonesia tentu sangat akrab dengan nasi kuning. Nasi ini, memiliki perbedaan dari nasi pada umumnya mengenai warnanya. Warna kuning dari nasi ini didapatkan dengan memanfaatkan kunyit. Hal ini menunjukkan bahwa kunyit dapat juga dimanfaatkan sebagai pewarna makanan, tentu untuk menghasilkan warna alami kuning. Selain untuk nasi kuning, dulu sebelum ditemukannya pewarna sintetis, kunyit juga digunakan sebagai pewarna bahan tekstil, batik, kertas, dan anyaman tikar.

Selain sebagai sarana pewarna, kunyit juga digunakan untuk pengawet makanan. Kunyit memiliki kandungan yang bersifat antibakteri sangat kuat, hal ini memungkinkan kunyit untuk digunakan sebagai pengawet makanan. Penggunaannya sebagai bumbu masakan memiliki fungsi ganda sebenarnya, selain membuat makanan menjadi lebih lezat dan berwarna, kunyit juga akan membuat makanan tidak cepat busuk akibat mikroba.

Nah yang selanjutnya agak unik, karena kita hidup di masyarakat yang memegang teguh budaya dan adat, kunyit juga sering digunakan sebagai bahan untuk upacara adat. Di Pulau Jawa, kunyit digunakan untuk upacara adat sunatan perempuan (tetesan), pernikahan (kacar-kucur dan sawer), dan pemakaman jenazah. Di Bali digunakan untuk memberi warna pada beras dan membuat nasi kuning untuk upacara adat pada Hari Raya Kuningan.

Fungsi terakhir adalah untuk kecantikan. Kandungan antioksidan dan antiradang pada kunyit membuatnya memiliki manfaat untuk wajah. Yang paling umum adalah menggunakan kunyit sebagai masker. Anda dapat menggunakan masker kunyit kasturi. Masker kunyit kasturi ini biasa digunakan untuk menghilangkan komedo.

Selanjutnya adalah masker kunyit dan pepaya. Masker ini cocok untuk segala jenis wajah. Masker ini difungsikan untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah Anda dan meningkatkan elastisitas kulit. Yang terakhir adalah masker kunyit dan yoghurt. Manfaat dari jenis masker ini adalah mengecilkan pori-pori, membantu mengurangi jerawat dan bekas lukanya.





#Berita Center #Tananaman Indonesia #Kesehatan #Kunyit #Manfaat Kunyit


Shares
Facebook Twitter Google+ Linkedin



Komentar






40 menit yang lalu

Bahaya, Facebook Sudah Dianggap Tidak Aman !

Beritacenter.COM - Perusahaan KrebsOnSecurity menyebutkan ada sebanyak ratusan juta password pengguna Facebook..
1 jam yang lalu

Serangan Teroris di 2 Masjid Selandia Baru Bukti Israel Pantas Jadi Musuh Dunia

Beritacenter.COM - Warga Israel secara terang-terangan memuji serangan teroris di dua masjid kota Christchurch,..
2 jam yang lalu

Bermain HP Sebelum Tidur Bisa Berakibat Fatal

Beritacenter.COM - Seorang ibu muda bernama Dong asal Zhejiang, China ditemukan terbujur kaku di atas tempat..
2 jam yang lalu

Rocky Gerung dan Said Didu Dilarang jadi Pembicara di Australia

Beritacenter.COM - Pihak kedutaan Australia tidak mengeluarkan visa untuk Rocky Gerung dan Said Didu, sehingga..
3 jam yang lalu

Alumni Yogyakarta Deklarasi Dukung Jokowi-Ma'ruf

Beritacenter.COM - Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi langsung menghadiri deklarasi Alumni Jogja..
4 jam yang lalu

Jadi Tuan Rumah MotoGP, Jokowi Minta Kebut Infrastruktur di Lombok

Beritacenter.COM - Nusa Tenggara Barat akan menjadi tempat event balap motor internasional MotoGP pada 2021. Untuk..
5 jam yang lalu

Presiden Tegaskan Pemilu Bukan Perang, Tapi...

Beritacenter.COM - Presiden Joko Widodo menyinggung beberapa pihak terkait Pilpres dan Pileg 2019 ini sebagai ajang..
6 jam yang lalu

Joko Widodo "Sosok Yang Pantas Menjadi Presiden 2019-2024"

Beritacenter.COM - Mengapa Jokowi pantas dan harus dipilih 17 April 2019 nanti? Sebuah pertanyaan dengan jawaban yang..
7 jam yang lalu

Elektabilitas Dua Tukang Hoaks Ini Makin Jeblok, Ini Buktinya....

Beritacenter.COM - Waktu pemilihan presiden 2019 kian mepet. Kurang sebulan menjelang Pilpres, elektabilitas paslon..
8 jam yang lalu

Serangan Fajar 02 Di Solo, Bagi-bagikan Uang 200 Ribu Dan Kaos...!

Beritacenter.COM - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Surakarta tengah menelusuri dugaan pelanggaran..
9 jam yang lalu

#2019GantiPresiden Buah Hubungan Intim Antara Neno Dan Mardani

Beritacenter.COM - Saya sering merasa kecut melihat response masyarakat terhadap gerakan-gerakan..
10 jam yang lalu

Inter Milan Tertarik Gaet Andre Gomes

Beritacenter.COM - Inter Milan dikabarkan Sport berminat mendapatkan tanda tangan gelandang Barcelona, Andre Gomes...
11 jam yang lalu

Kagum Dengan Kinerja dan Prestasi Jokowi, Alumni 101 PTS Se-Jabodetabek Deklarasikan Dukungan

BeritaCenter.com – Para alumni dari 101 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Se-Jabodetabek mendeklarasikan dukungan..
11 jam yang lalu

Anak Republik di Samarinda Deklarasikan Dukung Jokowi - Ma'ruf Amin

Beritacenter.COM - Anak Republik (AR) se - Kalimantan Timur (Kaltim) mendeklarasikan medukung pasangan calon presiden..
11 jam yang lalu

Bukti Prabowo-Sandi Tidak Sejalan Karena Punya Visi Misi Sendiri-sendiri

BeritaCenter.com – Hasil survei Litbang Kompas yang menyebut cawapres Ma'ruf Amin kurang mendongkrak suara..
11 jam yang lalu

TKD ke Rocky Gerung: Ngaku Berakal Sehat, Kelompoknya Sendiri Tidak Waras

BeritaCenter.com - Ketua TKD Jatim Irjen (Purn) Machfud Arifin membalas kritikan Rocky Gerung soal spanduk yaitu..
12 jam yang lalu

Hina Presiden Jokowi, Zainul Arif Diciduk Polisi

Beritacenter.COM - Seorang pemuda bernama Zainul Arif (25)warga Kabupaten Batubara, Sumut, ditangkap petugas..
13 jam yang lalu

Gubernur Bali Doakan Jokowi Kembali Terpilih Jadi Presiden

Beritacenter.COM - Gubernur Bali I Wayan Koster mendoakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terpilih kembali sebagai..
15 jam yang lalu

Dilanda Krisis Ekonomi, Begini Nasib PNS Palestina

Beritacenter.COM - Otoritas Palestina melakukan kebijakan baru terkait pembayaran gaji PNS mereka secara cicil..
17 jam yang lalu

Skema Tarif MRT Masih Dibahas DPRD DKI Jakarta

Beritacenter.COM - Pemerintah Provinsi(Pemprov) DKI Jakarta bersama DPRD masih mempertimbangkan besaran tarif Moda..
22 jam yang lalu

Presiden Jokowi Disambut Antusias Warga Bali Saat Resmikan Pasar Badung

Beritacenter.COM - Presiden Joko Widodo disambut ribuan warga yang telah menantinya di Jalan Ngurah Rai, Badung,..
23 jam yang lalu

KPU Tetapkan Format Baru Debat ke Empat Pilpres 2019

Beritacenter.COM - Komisi Pemilihan Umum(KPU) telah menetapkan format debat keempat yang mempertemukan kedua calon..

+Indeks
Buat Artikel






 

About

  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Redaksi