Tuesday, 18 Jun 2019
Temukan Kami di :
News

Seluruh Moda Transportasi Massal di DKI Akan Dapat Subsidi Pemerintah

Indah Pratiwi - 20/03/2019 22:02

Beritacenter.COM - Pemda DKI Jakarta sampai saat ini belum menentukan besaran tarif Moda Raya Terpadu (MRT) yang akan diresmikan pada 24 Maret 2019 mendatang. Namun Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan adanya kemungkinan pemerintah memberikan subsidi untuk moda transportasi massal tersebut.

"Dari sisi kami (Pemprov DKI) bicara subsidi. Subsidi itu diberikan bukan untuk tiap-tiap moda, tapi untuk keseluruhan sistem. Jadi satu kesatuan," ujar Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan seusai memberi arahan sekaligus membuka kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kota Administrasi Jakarta Selatan Tahun 2019, di Ruang Pola, Kantor Wali Kota Jakarta Selatan, Kebayoran Baru, Rabu (20/3/2019).

Dia melanjutkan, pemberian subsidi ongkos moda transportasi publik kepada masyarakat itu merupakan kompensasi dari penghematan ekonomi akibat kemacetan lalu lintas. Masyarakat diharapkan agar meninggalkan kendaraan pribadinya dan lebih menggunakan transportasi massal itu.

"Subsidi yang kami berikan apabila dia (MRT dan LRT) bisa mengurangi kemacetan. itu artinya bisa memberikan penghematan perekonomian yang sangat besar. Ada studi yang menyebutkan ongkos kemacetan Rp60 triliun, ada studi yang menyebutkan Rp100 triliun per tahun," ucapnya.

"Dalam rapat kabinet, saya sampaikan ke Pak Presiden, Jakarta membutuhkan integrasi antarmoda supaya pengguna kendaraan umum itu bisa naik dari mana saja ke mana saja tersambungkan. itu artinya rutenya nyambung, tiketnya juga nyambung, manajemennya juga nyambung," tambah Anies.



Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA