Sabtu, 08 Agustus 2020 - 07:19 WIB

Mayjen TNI (Purn) Saurip : Jokowi Lebih Mengerti TNI Dibandingkan Prabowo Yang Permalukan TNI Saat Debat Capres

Oleh : Indah Pratiwi | Budi | Senin, 01 April 2019 | 13:33 WIB

Shares
Share Twitter Google+ Linkedin


Beritacenter.COM - Mantan Aster Kasad Mayjen TNI (Purn) Saurip Kadi mengaku heran, bagaimana mungkin pak Jokowi yang lulusan Faktultas Kehutanan justru lebih menguasai bidang pertahanan saat Debat Calon Presiden ke-4, Sabtu (30/3/2019).

Saurip Kadi yang dikenal sebagai teman seangkatan Capres Nomor 02 Prabowo Subiyanto di AKABRI (Nomor Akademi 70), menyebut Prabowo kembali mempermalukan TNI.

Pasalnya, Prabowo ternyata tidak mengetahui bahwa di seluruh dunia, yang digunakan dalam menyusun rencana pertahanan adalah “Hakikat Ancaman” yang bakal dihadapi sebuah negara.

"Dan “Hakikat Ancaman” itu sendiri adanya di Perkiraan Intelejen Strategis baik Jangka Pendek, Menengah dan Panjang," ujar Saurip, Minggu (31/3/2019).

Ia menjelaskan, setiap kedutaan besar negara manapun dilengkapi dengan Atase Pertahanan dari ketiga angkatan. Dengan demikian dasar penyusunan Hakikat Ancaman benar-benar valid.

"Sama sekali bukan asumsi apalagi halusinasi, merekalah Badan Pengumpul Keterangan yang resmi dibiayai negara," tandas Saurip Kadi.

Menurut Saurip, Capres nomor urut 01 Jokowi justru mengetahui bahwa perang jaman now bukan lagi adu kekuatan persenjataan seperti perang jaman old, tapi perang asimetris yang intinya adalah bagaimana mempengaruhi rakyat negara lawan melalui perubahan mindset.

Dan saat ini, menurut Saurip Kadi, negara-negara lain sudah mengubah konsep pertahanan mereka, bahkan Amerika Serikat sudah menutup sejumlah pangkalan militernya di negara lain.

Saurip Kadi juga menyatakan, keliru besar jika Prabowo membandingkan besaran anggaran militer Indonesia dengan Singapura.

"Dengan luas wilayah yang kecil, tidak lebih dari Kabupaten Brebes, tapi menguasai kekuatan ekonomi kawasan melalui jasa finansial dan perdagangan," lanjutnya.

Oleh sebab itu, Saurip Kadi menilai tidak ada pilihan bagi Singapura selain harus mempunyai keunggulan dibidang militer.

"Karena dengan satu sorty pengeboman saja, Singapura akan habis`" jelasnya.

Jadi, menurutnya, Prabowo harus belajar lagi soal pertahanan dan keamanan yang terbaru. Sesuai jaman now. "Kalau perlu, melalui Bimbingan Belajar," tandas Saurip Kadi.

Ditanyakan soal makna penyataan Capres Nomor 02 Prabowo Subiayanto bahwa dirinya adalah lebih TNI dari TNI, Saurip Kadi menyilahkan bertanya langsung kepada Prabowo.

Baca Juga :

"Tapi yang saya ketahui pak PS adalah Perwira Tinggi TNI yang dipecat dari dinas aktif, karena berinisiatif melakukan penculikan sejumlah aktifis, sebagaimana diakui sendiri di depan sidang DKP," imbuhya.

Setelah ikatan dinasnya selesai, berakhirnya dinas militer di negara manapun hanya ada 3 alasan, yaitu pertama karena atas pemintaan sendiri untuk pensiun dini.

Kedua karena diberhentikan dengan hormat akibat sakit atau cacat sehingga tidak lagi mampu menjalankan tugas-tugas kemiliteran.

Ketiga karena pensiun sesuai batas umur yang diatur oleh Undang-Undang. Di luar ketiga alasan tersebut adalah karena dipecat.

"Karena pak PS adalah perwira tinggi bintang tiga dan lagi menantu pak Harto, ya saru kalau digunakan istilah dipecat, maka dihadapkan pada kondisi riil saat itu, penggunaan istilah diberhentikan sungguh sangat bijak," tandasnya.

Terhadap pertanyaan, kualitas jawaban bidang pertahanan oleh capres nomor urut 01 Jokowi, Saurip Kadi mengajak bangsa ini sepatutnya bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena mempunyai Presiden yang paham tentang tentara dalam negara demokrasi dimana senjatanya wajib menghadap keluar.

Dan karenanya gelar TNI yang saat ini adalah warisan Belanda yang dilanjutkan Orba, maka kedepan harus ditata ulang agar bisa meng "cover" seluruh wilayah pertahanan NKRI, untuk melumpuhkan musuh sebelum masuk maupun yang sudah terlanjur masuk masuk ke dalam wilayah NKRI.

Ditanya tentang siapa yang bakal tampil sebagai pemenang dalam Pemilu 17 April 2019 mendatang, Saurip Kadi mengingatkan segenap Keluarga Besar TNI (KBT) bahwa menggunakan Hak Pilih adalah HAM.

Tapi sebelum segalanya terlambat, terkhusus kepada para pensiunan prajurit TNI dan terlebih mantan elit TNI utamanya mantan Panglima TNI dan Kas Angkatan serta petinggi TNI yang ada di BPN Paslon 02 bahwa sampai ajal menjemput, para pensiunan mempunyai kewajiban untuk menjaga kehormatan, derajat dan martabat

"Apa yang kita cari di hari tua, haruskah para pensiunanan tega membiarkan TNI kembali menanggung aib, karena prajurit TNI harus menghormat dengan sangkur terhunus kepada mantan petinggi TNI yang berhenti dari dinas aktif, karena dipecat, naudzu bilah mindalik" ujar Saurip Kadi lagi
Saurip Kadi mengakui, memang sulit untuk tidak menempatkan Pak Prabowo sebagai bagian dari KBT, tapi para purnawirawan TNI wajib menjaga TNI sebagai almamater tempat kita dulu menyerahkan jiwa dan raga untuk kejayaan NKRI.

Kecuali bagi mereka yang tidak merasa bahwa penculikan aktifis, bukanlah aib bagi TNI dan terkhusus bagi lulusan Akademi TNI.

"Dan kalau betul ada pensiunan TNI yang tidak menempatkan hal tersebut sebagai aib, maka kedepan mereka tidak layak untuk menyebut dirinya sebagai tentara rakyat, tentara pejuang dan tentara nasional.

Karena pak Dirman dan para pendiri TNI lainnya serta para pelatih kita di Akademi TNI tidak pernah mengajarkan bahwa rakyat apalagi aktifis demokrasi sebagai musuh negara, sehingga mereka sah untuk diculik," tegas Saurip Kadi yang memang dikenal kritis ini.

Sementara itu kepada segenap anak bangsa, Saurip Kadi menyerukan bahwa Pemilu bukan Perang. Pemilu tak lebih untuk memilih Capres dan program untuk 5 tahun ke depan.

"Untuk itu, pilihlah Capres yang nyata-nyata sudah terbukti berani dan berhasil memberantas Mega Korupsi, Mafia Tambang serta Migas seperti Petral, Free Port, Newmont, Blok Rokan, Mahakam" jelas Saurip.

Ia juga mengajak masyarakat memilih figur yang mampu membangun rasa Indonesia melalui kualitas pelayanan dan infrastruktur yang sama untuk seluruh wilayah Indonesia.

"Dan pilih pemimpin yang nyata-nyata mampu melanjutkan pembangunan jalan TOL dan infratsruktur yang dimasa lalu MANGKRAK. Melalui Dana Desa dan sejumlah program Kartu, kini rakyat kecil sudah mulai merasakan manfaat NKRI," pungkas Saurip Kadi.





Fokus : 17 April Jokowi Tetap Presiden


#Jokowi #Jokowi Orang Baik #Jokowi Orang Hebat #Jokowi Presiden Ku #Prabowo #Koalisi Hoaks #Jenderal Kardus #17 April Jokowi Tetap Presiden #Prabohong #Prabowo Remehkan TNI


Shares
Facebook Twitter Google+ Linkedin



Komentar






19 menit yang lalu

PRESIDEN JOKOWI SELALU KEDEPANKAN RAKYAT DALAM BEKERJA

Hanya Jokowi satu2nya kepala daerah yang menaikan upah buruh hingga 44% , itu terjadi pada saat Jokowi menjadi..
53 menit yang lalu

KKP Upayakan Nelayan Miliki Mata Pencaharian Alternatif

Beritacenter.COM - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mendorong nelayan agar memiliki mata pencaharian..
4 jam yang lalu

Pesawat India Air Tergelincir HIngga Terbelah Dua

Beritacenter.COM - Pesawat maskapai Air India Express tergelincir saat mendarat di landasan pacu Bandara..
6 jam yang lalu

Ironi! Gas Elpiji Untuk Rakyat Miskin Volume Malah Dikurangin

Beritacenter.COM - Direktur Tindak Pidana Tertentu Bareskrim Polri, Brigjen Syahardiantono berhasil mengungkap..
7 jam yang lalu

PERSEPI Tanggapi Fenomena Kemunculan Lembaga Survei Baru Jelang Pilkada 2020

Beritacenter.COM - Jelang Pilkada serentak 2020, banyak lembaga survei baru yang bermunculan. Hadirnya Lembaga..
7 jam yang lalu

Bareskrim Polri Gandeng KPK Untuk Gelar Perkara Penetapan Tersangka Djoko Tjandra

Beritacenter.COM - Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan bahwa pihaknya akan mengundang..
9 jam yang lalu

Kurikulum Darurat pada Satuan Pendidikan Jadi Jurus Ampuh Kemendikbud

Beritacenter.COM - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menerbitkan Keputusan yang mengatur..
9 jam yang lalu

Sempat Terdengar Suara Ledakan di Kebakaran Pabrik di Kawasan Industri Sentul

Beritacenter.COM - Kebakaran terjadi di salah satu pabrik di kawasan Industri Sentul, Babakandmadang, Kabupaten..
10 jam yang lalu

Besaran Gaji Ke-13 PNS Ternyata Segini

Beritacenter.COM - Aturan tentang pemberian gaji ke-13 pegawai negeri sipil (PNS) tahun 2020 kini, yakni..
10 jam yang lalu

Rampung Diperiksa, Djoko Tjandra Kembali Dipindahkan ke Rutan Salemba

Beritacenter.COM - Pemeriksaan intensif terhadap terpidana kasus cessie Bank Bali, Djoko Tjandra, telah dilakukan..
10 jam yang lalu

Polresta Banjarmasin Kerjasama Dengan BID Dokkes Untuk Gelar Rapid Test

Beritacenter.COM - Polresta Banjarmasin melakukan kerjasama dengan Bidang Kedokteran dan Kesehatan Polda Kalimantan..
10 jam yang lalu

Gilang Predator Fetish 'Kain Jarik' Tiba di Surabaya Sejak Siang, Diperiksa di Polrestabes

Beritacenter.COM - Polisi menerbangkan predator fetish pocong, Gilang, dari Kalimantan ke Surabaya, untuk diperiksa..
11 jam yang lalu

10 Unit Damkar Dikerahkan Padamkan Kebakaran Pabrik di Sentul, Motor Karyawan Terbakar

Beritacenter.COM - Kebakaran menghanguskan sebuah pabrik di kawasan Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Jabar). Guna..
11 jam yang lalu

Faktor Ekonomi, Janda Cantik di Jombang Nekat Curi Ponsel

Beritacenter.COM - Seorang janda satu anak berinisal IF, warga asal Desa Kesamben, Kabupaten Jombang nekat mencuri..
12 jam yang lalu

Masyarakat Adat Kota Padang Dukung Pengelolaan Kawasan Konservasi Pulau Pieh

Beritacenter.COM – Masyarakat adat di Kota Padang, Sumatera Barat mendukung upaya pelestarian yang dilakukan..
12 jam yang lalu

Ditangkap Dirumah Tantenya di Kalimantan, Gilang Predator Fetish Pocong Diterbangkan ke Surabaya

Beritacenter.COM - Predator fetish pocong atau kain jarik, Gilang, berhasil ditangkap polisi. Dia ditangkap..
13 jam yang lalu

Kasus Virus Corona di Jakarta Tertinggi di Indonesia Kalahkan Jatim

Beritacenter.COM - Wilayah DKI Jakarta kembali menduduki kasus tertinggi virus corona (Covid -19). Tercatat, pada..
13 jam yang lalu

KPK Sita Aset Tanah, Vila dan Moge Milik Nurhadi di Bogor

Beritacenter.COM - Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendatangi sebuah villa mewah milik mantan..
13 jam yang lalu

UPDATE Virus COVID - 19 di Indonesia Jadi 121.226 Kasus

Beritacenter.COM - Kasus virus corona (Covid- 19) di Indonesia terus bertambah. Pertanggal 7 Agustus bertambah 2.473...
14 jam yang lalu

Polisi Periksa Anji soal Klaim 'Obat Corona' Hadi Pranoto Senen Nanti

Beritacenter.COM - Musisi sekaligus Youtuber Anji rencananya akan diperiksa polisi pada Senin (10/8). Penyidik..
15 jam yang lalu

PT. Maa Ataita Indah Beri Pelatihan Budidaya Lobster ke Ribuan Nelayan di Bone

Beritacenter.COM - PT. Maa Ataita Indah, salah satu perusahaan yang bergerak dibidang lobster memberikan pelatihan..
15 jam yang lalu

Tak Boleh Kumpulkan Massa, Gibran Siap Kampanye Door to Door

Beritacenter.COM - Bakal Calon Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka siap melakukan kampanye Pilkada 2020...

+Indeks
Buat Artikel






 

About

  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Redaksi