Jumat, 21 Juni 2019 - 04:47 WIB

Isu Yang Terus Dimainkan Koalisi Kardus "Esemka Dan Indosat" Dua Jebakan Maut Untuk Jokowi...

Oleh : Indah Pratiwi | Budi | Selasa, 09 April 2019 | 16:00 WIB

Shares
Share Twitter Google+ Linkedin


Beritacenter.COM - Berbagai jebakan batman berupa propaganda untuk mendesak pemerintahan Jokowi-JK untuk melakukan sesuatu yang menurut kubu Prabowo-Sandi adalah janji politik Jokowi hingga jelang hari H pencoblosan Pilpres 2019 akhirnya satu persatu gagal dan dapat dijawab dengan kerja nyata Jokowi.

Jebakan batman pertama adalah desakan kubu Prabowo-Sandi agar pemerintah segera memproduksi mobil Esemka, padahal nyata-nyata mobil Esemka adalah produksi penuh oleh swasta. Pemerintah tidak dapat ikut campur seperti saat ketua umum Partai Berkarya Tommy Soeharto meluncurkan mobil nasionalnya padahal 100 persen rakitan KIA Korea.

Presiden Jokowi pernah menjelaskan, mobil Esemka mulanya merupakan prototipe dari anak-anak sekolah menengah kejuruan di Solo, Jawa Tengah, yang dibantu sejumlah teknisi perusahaan besar. Saat menjabat sebagai wali kota Solo, Jokowi mendukung agar mobil itu lolos uji emisi dan tes laik jalan.

Jokowi mengatakan, dirinya tetap mendukung keberlanjutan produksi mobil Esemka. Ia berjanji akan hadir untuk meresmikan andai pihak industri benar-benar merealisasikannya.

Perkembangan terbaru Mobil Esemka saat ini adalah pengembangan ke arah mobil listrik yang menjadi masa depan industri otomotif di masa mendatang. Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang persenjataan, Pindad, mengkonfirmasi pihaknya diajak bekerja sama dengan Esemka untuk menggarap mobil dinas Joko Widodo (Jokowi). Informasi baru yang terkuak, mobil itu berteknologi listrik murni.

Direktur Utama Pindad Abraham Mose mengungkap sudah ada pembicaraan terkait mobil dinas Jokowi dengan Esemka. Desain mobil yang kemungkinan akan dipakai Jokowi sehari-hari itu disebut sudah dibuat.

Abraham menjelaskan desain belum sampai ke tahap prototipe. Proyek dikatakan sempat tertunda dan hingga kini belum ada diskusi baru soal kelanjutannya.

Hal tersebut tentu mempertegas kendaraan baru yang akan diproduksi Esemka merupakan mobil listrik.

“Sementara saya enggak tahu gol mereka (selain pikap). Tapi yang kita buat prototype kemarin untuk yang pikap. Ke depannya seperti apa tanya ke Esemka saja. Karena Pindad pada posisi membuat motor listrik,” ujar Abraham.

Pengembangan teknologi terbaru Mobil Esemka kearah mobil listrik ini tentu akan membuat kubu Prabowo-Sandi kembali gigit jari karena tidak berhasil menjebak mobil esemka berbahan bakar fosil yang saat ini mulai ditinggalkan dunia.

Bahkan gubernur DKI Jakarta yang didukung kubu Prabowo-Sandi menyadari potensi pasar mobil listrik dalam bentuk Bus listrik untuk menjadi kendaraan utama bus trans Jakarta.

“Negara-negara yang mengubah praktik baru itu (mobil tenaga listrik), dan berapa lama mereka melakukan perubahan. Di Beijing itu 10 tahun untuk mengubah dari lima kota paling kotor udaranya. Itu 10 tahun lalu, ini China tidak masuk lagi ke kota paling kotor,” ucap Anies kepada wartawan di Balai Kota Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (29/3/2019).

Beijing dan Jakarta menjadi anggota C40 Cities Climate Leadership Group. Organisasi ini fokus pada isu perubahan iklim dan pengembangan kota urban. China tidak hanya menerapkan sistem bus listrik. Tetapi juga menyuplai bus listrik ke negara-negara lain.

“Saya juga baru tahu bahwa 95 persen dari bus listrik di dunia itu diproduksi di Cina. Di Eropa pun pakai bus dari China dan saya pun baru tahu Scania dan Volvo yang besar itu ternyata justru tidak memproduksi dengan listrik,” ucap Anies.

Anies akan mempelajari sistem transportasi bus listrik di China untuk diterapkan di Indonesia.

“Jadi kalau kami sudah dapat informasinya dengan lengkap, kami susun roadmapnya. paling depan pemerintah supaya seluruh rakyat terlibat,” kata Anies.

Saat ini, Pemprov Jakarta akan memulai dengan uji coba bus TransJakarta listrik. Ada tiga bus yang disiapkan untuk diuji coba. Dua bus diproduksi oleh BYD dari China, satu lagi adalah MAB dari Indonesia. Paling lambat, bus itu akan diuji coba pada bulan Juni 2019.

Jebakan batman kedua adalah buyback Indosat. Desakan kubu Prabowo-Sandi agar Jokowi merealisasikan janjinya untuk buyback Indosat justru akan merugikan keuangan negara bila benar-benar dilaksanakan.

Adalah presiden direktur Indosat sendiri yang menahan pemerintah agar tidak melaksanakan buyback Indosat saat ini. CEO dan Presiden Direktur Indosat Ooredoo, Chris Kanter mengungkap fakta bahwa sangat tidak mungkin bagi pemerintah jika ingin melakukan buyback Indosat pada saat ini, meski menurutnya Presiden Jokowi sudah mengupayakannya sejak 2018 lalu.

“You mau beli barang yang harganya lagi turun dari orang yang kaya banget, bukan kaya doang, mana mau jual dia,” ujar Chris di acara jumpa media di Yogyakarta, Senin (28/1/2019).

Chris menceritakan pertemuannya dengan Presiden Jokowi pada November 2018 lalu. Ia menjelaskan kepada presiden, walaupun Qatar Telecom selaku pemilik Ooredoo memberikan diskon, harga Indosat tetap akan di atas pasar (terlalu mahal).

“Jadi saya sampaikan ke presiden, melihat keadaan sekarang, simply impossible (sangat tidak mungkin buyback Indosat),” kata Chris.

Hal lain yang perlu diketahui rakyat Indonesia adalah bahwa saat Megawati menjadi presiden Indonesia dia benar menjual PT. Indosat untuk menyelamatkan keuangan negara yang masih porak poranda akibat prilaku korup pemerintah orde baru dibawah pimpinan mertua Prabowo Jenderal Soeharto.

Namun Megawati saat itu hanya menjual perusahaan Indosat saja namun tidak menjual slot orbit satelit yang menjadi kedaulatan negara Indonesia.

Pemerintah Jokowi-JK telah mencabut izin pengelolaan slot orbit satelit 150,5 derajat BT dan menunjuk PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk untuk mengambil alih penggunaan slot satelit tersebut. Indosat akhirnya hanya slot orbit 113 derajat bujur timur (BT).

Slot orbit tersebut pernah hilang pada tahun 2007 namun berhasil direbut kembali dalam sidang internasional World Radio Conference (WRC) di Jenewa, Swiss.

Diketahui pada tanggal 14 Februari 2017, Indonesia berhasil meluncurkan satelit Telkom-3S dan saat ini Telkom sedang mengkaji peluncuran satelit Telkom-4 yang direncanakan akan diluncurkan pada pertengahan tahun 2018.

Peluncuran satelit Telkom-4 ini kemudian disusul satelit Nusantara Satu sehingga presiden Jokowi kemudian mengumumkan selain infrastruktur darat dan laut, infrastruktur dilangit berupa satelit adalah tol langit Indonesia.

Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Anang Latif mengartikan infrastruktur tol langit sebagai penunjang sinyal internet cepat.

Anang menuturkan, selain tol langit, jaringan antar sinyal juga akan diupayakan agar bisa diakses di lautan, sehingga diharapkan pada akhirnya Indonesia memiliki sinyal bebas hambatan.

“Tol langit itu sebagai perumpamaan, sebenarnya sinyal ke depan Indonesia akan mendapatkan sinyal dengan menghandirkan internet cepat jadi olah-olah sinyal tanpa hambatan,” ujar Anang.

Tol langit sendiri merupakan proyek Palapa Ring awal mula pada tahun 2005 namun gagal. Pada tahun 2015 dengan skema Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha atau KPBU dimulai kembali proyek Palapa Ring.

Dengan berbagai kerja nyata dan inovasi pemerintah untuk menjawab tantangan jaman yang harus terus menerus beradaptasi teknologi terbaru, Jokowi telah membuktikan bahwa pengembangan Mobil Esemka dengan bahan bakar fosil serta buyback Indosat dengan kecanggihan masa lalunya kemudian terjawab.

Jokowi adalah pemimpin visioner yang menjawab tantangan masa kini dan masa mendatang Indonesia dengan langkah konkrit dan pro rakyat bukan atas desakan dan jebakan batman pihak yang haus kekuasaan.





Fokus : Prabowo


#Jenderal Kardus #Koalisi kardus #Sandiwara Uno #Koalisi Hoaks #Prabohong


Shares
Facebook Twitter Google+ Linkedin



Komentar






3 menit yang lalu

Maurizio Sarri: Dengan Ronaldo Saya Naik Level, Pemain di Puncak Dunia

Beritacenter.COM - Pelatih baru Juventus, Maurizio Sarri, bertekad untuk membantu Cristiano Ronaldo untuk kembali..
1 jam yang lalu

Toko Burung di Bekasi Dibobol Maling, 4 Ekor Burung Seharga Rp16 Juta Raib

Beritacenter.COM - Sebanyak 4 ekor burung dicuri dari sebuah toko burung di Bekasi, Jawa Barat. Tak hanya mengambil..
2 jam yang lalu

Jaksa Sebut Vanessa Angel Tak Terlalu Kooperatif Selama Persidangan

Ya kami menyesuaikan (tuntutan) dengan perkara sebelumnya (perkara muncikari). Kami menuntut mereka dengan 7 bulan..
3 jam yang lalu

Gempa Magnitudo 5,0 Guncang Alor NTT, Tak Berpotensi Tsunami

Beritacenter.COM - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,0 mengguncang wilayah Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT). Gempa..
5 jam yang lalu

Minta Kubu 02 Buktikan Klaim Kecurangan, Mahfud: Siapa yang Bohong Akan Ketahuan!

Hukum itu perlu bukti, kalau dia katakan dapat 52 juta, karena ada perubahan di sini, di sini, di mana itu? Tunjukkan..
6 jam yang lalu

Saksi 02 Tak Meyakinkan, KPU: Keterangan Satu Ahli Cukup Menjawab Semua Hal

Cukup. Apa yang dijelaskan oleh Profesor Marsudi tadi menurut saya cukup mampu menjelaskan semua hal yang tadi malam di perdebatkan
7 jam yang lalu

Tolak Dakwaan Jaksa, Pengacara Vanessa Angel Minta Kliennya Dibebaskan

Beritacenter.COM - Dalam sidang nota pembelaan atau pleidoi di Pengadilan Negeri (PN) Kota Surabaya, Surabaya,..
8 jam yang lalu

Kualitas Saksi Prabowo Terkait Temuan Amplop Diragukan KPU

Beritacenter.COM - KPU masih mempermasalahkan kesaksian saksi Prabowo-Sandi, Beti Kristiana terkait temuan amplop...
8 jam yang lalu

Timnas Futsal Indonesia Harus Akui Keunggulan Afganistan di Semifinal Piala Asia Futsal U-20

Beritacenter.COM - Skuad Garuda harus berlapang dada usai gagal ke final Piala Asia Futsal U-20. Timnas Indonesia..
9 jam yang lalu

Materinya Dipelintir Saksi Prabowo, Moeldoko Akan Laporkan Hairul Anas

BeritaCenter.COM – Saksi Prabowo-Sandi, Hairul Anas Suaidi, yang dihadirkan saat sidang sengketa Pilpres 2019..
9 jam yang lalu

Selain Memeluk Agama Islam, Deddy Corbuzier Berencana Ganti Nama

Beritacenter.COM -Persenter Hitam Putih, Deddy Corbuzier akan segera menjadi mualaf. Mantan peseulap itu rencananya..
9 jam yang lalu

Saksi Yang Dihadirkan Tak Sebanyak Prabowo, Tim Jokowi: Tak Ada Lagi Yang Harus Dibuktikan

BeritaCenter.COM – Dalam sidang lanjutan sengketa hasil Pilpres 2019 di Mahkamah Konsitusi besok Jum’at..
9 jam yang lalu

Polisi Tangkap Dua Perampok Sekaligus Perkosa Korban di Sukabumi

Beritacenter.COM - Jajaran Polres Sukabumi Kota, Jawa Barat menangkap dua orang pelaku pemerkosaan sekaligus..
10 jam yang lalu

Kader Malah Main Game Saat Paripurna DPRD, Gerindra: Mungking Jenuh

Beritacenter.COM - Saat mengikuti rapat paripurna, Rabu (19/6/2019) seorang anggota DPRD Kabupaten Garut dari Partai..
10 jam yang lalu

Kyle Walker Resmi Perpanjang Kontrak Bersama Manchester City

Beritacenter.COM - Winger kanana Manchester City, Kyle Walker resmi menambah masa baktinya bersama Manchester City..
11 jam yang lalu

Bagikan 3000 Sertifikat Tanah, Presiden Jokowi Ingetkan Masyarakat Gresik Jangan Asal Gadaikan

Beritacenter.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja di wilayah Jawa Timur untuk membagikan..
11 jam yang lalu

Kacamata Inul Disebut Mirip Tukang Las, Ternyata Harganya Bikin "Melongo"

Beritacenter.COM - Baru-baru ini Inul Daratista mengunggah fotonya dengan kacamata oversized. Meski hal itu..
11 jam yang lalu

Sindir Saksi 02 Tahanan Kota, KPU: Ngomong Pelan, Pakai Kacamata Hitam, Meragukan!

Beritacenter.COM - Tim hukum Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menghadirkan seorang saksi bernama Rahmadsyah pada sidang..
12 jam yang lalu

di Gresik, Presiden Jokowi Bagikan 3.000 Sertifikat Tanah ke Warga

Beritacenter.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Jawa Timur, Kamis (20/6/2019). Jokowi..
12 jam yang lalu

Kubu Prabowo Heran Soal Amplop Misterius, KPU: Tanya Saksi Anda Bos!

Beritacenter.COM - Terkait lembaran kertas dan amplop yang dibawa saksi Prabowo-Sandi, Beti Kristiana di sidang..
12 jam yang lalu

Alhamdulillah, Harga Tiket Pesawat Domestik Diputuskan Turun

Beritacenter.COM - Kabar baik datang untuk para pengguna transportasi udara, Kementerian Koordinator Bidang..
12 jam yang lalu

Pilpres Selesai, Kapolres Sukabumi Ajak Masyarakat Bersatu

Beritacenter.COM - Kapolres Sukabumi, AKBP Nasriadi mengajak kepada seluruh warga di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat..

+Indeks
Buat Artikel






 

About

  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Redaksi