Friday, 21 Jun 2019
Temukan Kami di :
News

JK Imbau Prabowo Temui Jokowi, TKN: Jika Berjiwa Besar, Yang Kalah Ucapkan Selamat

Pernyataannya Pak JK benar bahwa etisnya, jika berjiwa besar, ya yang kalah mengucapkan selamat kepada yang menang. Itulah jiwa kenegarawanan yang dibutuhkan agar bangsa ini segera move on

Aisyah Isyana - 22/05/2019 09:15

Beritacenter.COM - TKN Jokowi-Ma'ruf mengaku sepakat prihal pernyataan Wapres Jusuf Kalla (JK) yang mengimbau agar capres Prabowo Subianto segera menemui Joko Widodo (Jokowi) sebagai pemenang di Pilpres 2019.

"Pernyataannya Pak JK benar bahwa etisnya, jika berjiwa besar, ya yang kalah mengucapkan selamat kepada yang menang. Itulah jiwa kenegarawanan yang dibutuhkan agar bangsa ini segera move on," kata juru bicara TKN Jokowi-Ma'ruf, Ace Hasan Syadzily kepada wartawan, Selasa (21/5/2019).

Ace pun menyinggung soal rencana pertemuan Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dengan Prabowo. Dia mengatakan bahwa Jokowi memang mengutus Luhut untuk bertemu Prabowo usai pencoblosan 17 April lalu, namun disebut ditolak oleh Prabowo.

"Soal komunikasi, kan Pak Jokowi ingin ada silaturahmi dengan Pak Prabowo. Beliau mengutus terlebih dahulu Pak Luhut untuk menjembatani terlebih dahulu. Tapi respons Pak Prabowo sepertinya tidak berkenan, sehingga komunikasi itu tidak berjalan dengan baik," ujarnya.

Padahal, jelas Ace, Jokowi sendiri sudah berkomunikasi dengan sejumlah tokoh dari partai koalisi 02. Mereka diantaranya Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Komandan Kogasma Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"Pak Jokowi sendiri kan sudah berkomunikasi dengan parpol koalisi pendukung 02. Misalnya dengan Pak Zulhas, Ketum PAN, dan Pak AHY dari Partai Demokrat," kata Ace.

"Kita harus singkirkan ego politik. Jadilah negarawan dengan merajut silaturahmi untuk kepentingan bangsa ini," imbuh dia.

Untuk diketahui, Wapres JK sebelumnya sempat mengimbau agar Prabowo menemui Jokowi mengucapkan selamat atas kemenangannya di Pilpres. JK menyinggung saat dirinya kalah oleh Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan tak sungkan untuk mengucapkan selamat.

"Etisnya selalu yang kalah menghampiri. Melapor yang menang. Saya dulu waktu kalah dengan Pak SBY, saya langsung telepon Pak SBY dan mengucapkan selamat dan saya menerima itu," kata JK di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (21/5).

Menurutnya, sudah sebaiknya pihak yang kalah di Pemilu 2019 untuk berjiwa besar. Dia mengatakan dalam pemilu tidak ada yang seri. "Ya, harus berjiwa besar. Kan cuma dua, kan kemenangan dan kalah. Tidak ada yang seri," tuturnya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA