Sunday, 21 Jul 2019
Temukan Kami di :
News

Viral, Puluhan Smartphone Milik Para Santri Dihancurkan di Sekolah

Indah Pratiwi - 25/06/2019 09:01

Beritacenter.COM - Belasan smartphone (HP) milik para santri di Pondok Pesantren (Ponpes) Walisongo, Ngabar, Ponorogo Jawa Timur dihancurkan dengan palu ramai di media sosial.

Salah satu netizen @dayatpiliang, tampak belasan HP dikumpulkan di sebuah meja yang diperlihatkan di lapangan. Sedangkan para santri duduk sambil melihat proses perusakan HP yang dilakukan dua dewan guru atau ustaz pengurus pondok pesantren(Ponpes).

“Oke mungkin sudah ada perjanjian tertulis terkait aturannya. tapi aku masih meyayangkan saja jika handphonenya harus dihancurkan. kan mubazir. kan masih ada cara lain, misal; dijual, lalu uangnya digunakan untuk hal yang bermanfaat,” tulis Dayat Piliang dalam akun Twitter-nya @dayatpiliang, Senin (24/6/2019).

Menanggapi kejadian itu, melalui akun Instagramnya @Ngabarexcell, Ponpes Ngabar melakukan klarifikasi terkait beredarnya video perusakan HP itu yang viral di media sosial.

"Handphone yang dipecahkan dalam video tersebut merupakan barang sitaan yang dilarang untuk santri yang berusaha melanggar disiplin dengan membawa HP ke dalam pondok secara diam-diam yang dapat mengganggu proses pendidikan di pesantren," kata Humas Biro Sekretariat Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar, Senin (24/6/2019).

Tindakan itu, kata dia, sudah sesuai dengan pedoman peraturan santri dan didukung surat pernyataan calon santri, para santri dan orang tua/wali yang akan mendaftar di Ponpes Ngabar. Hukuman itu dibuat untuk menimbulkan efek jera agar tidak melanggar aturan.

"Perusakan barang-barang terlarang yang disita pihak pesantren di depan santri untuk memberikan edukasi efek jera dan menegaskan bahwa pesantren tidak mengambil manfaat secara materiil dari barang tersebut," katanya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA