Kamis, 24 September 2020 - 19:30 WIB

KKP Bersama PEMDA DIY Bersinergi Untuk Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat Kelautan dan Perikanan

Oleh : Indah Pratiwi | Budi | Sabtu, 15 Agustus 2020 | 13:45 WIB

Shares
Share Twitter Google+ Linkedin


Beritacenter.COM – Guna mendorong kegiatan pembangunan sektor kelautan dan perikanan, pemerintah terus berupaya menyediakan sarana prasarana yang memadai. Sarana prasana ini dipercaya dapat meningkatkan kelembagaan penyuluhan dan kinerja penyuluh dalam mendampingi masyarakat di lapangan. Untuk itu, Jumat (14/8), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Kulon Progo dan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melakukan serah terima naskah perjanjian hibah daerah dan berita acara serah terima barang milik daerah kepada pemerintah pusat.

Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM) KKP, Sjarief Widjaja menyebut, serah terima ini dilakukan sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah. Pada lampiran huruf Y diatur bahwa kewenangan penyelenggaraan penyuluhan perikanan menjadi kewenangan pemerintah pusat.

Sebagai implikasinya, dilakukan pengalihan Personel, Pembiayaan, Prasarana dan Sarana, serta Dokumen (P3D). KKP telah menyelesaiakan proses pengalihan Personil, Pembiayaan, dan Dokumen. Sementara Prasarana dan Sarana Penyuluhan ditargetkan selesai di tahun 2020 ini. Sarana prasarana penyuluhan ini tersebar di 427 kabupaten/kota.

“Kami sampaikan apresiasi kepada Kabupaten Sleman dan Kulon Progo. Dua kabupaten ini merupakan kabupaten pertama di Indonesia yang sudah menyelesaikan persoalan asetnya antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah,” tutur Sjarief di Loka Riset Mekanisasi Perikanan Bantul.

Sjarief menegaskan, pengalihan status penyuluh perikanan dari kewenangan pemerintah daerah kepada pemerintah pusat merupakan bentuk koordinasi dan sinergitas pemerintah pusat dan daerah. Keduanya bekerja sama memaksimalkan peran penyuluh dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat kelautan dan perikanan.

Sebagaimana diketahui, penyuluh berperan mendampingi pembudidaya ikan, nelayan, pengolah dan pemasar hasil perikanan, hingga petambak garam. Dalam menjalankan perannya tersebut, penyuluh diharapkan dapat mencerahkan (enlightenment) dan memperkaya (enrichment) masyarakat dengan informasi Iptek, akses permodalan, akses pemasaran, dan akses sumber daya lainnya. Selain itu, mereka juga diharapkan dapat memberdayakan (empowerment) pelaku utama dan pelaku usaha kelautan dan perikanan.

Hal ini sejalan dengan kebijakan pembangunan kelautan dan perikanan. “Presiden sudah mengarahkan agar KKP memperbaiki komunikasi dengan nelayan dan penguatan budidaya perikanan. Di sini penyuluh perikanan memegang peranan penting,” beber Sjarief.

Selain itu, pemerintah juga tengah menggalakkan pembangunan sektor perikanan budidaya untuk penyediaan lapangan kerja dan sumber protein hewani untuk konsumsi masyarakat. Provinsi DIY, khususnya Kabupaten Sleman dan Kulon Progo termasuk daerah pengembangan perikanan budidaya ini.

Dalam upaya pengembangan sektor perikanan budidaya ini, KKP akan membangun percontohan (demplot) budidaya terintegrasi di tengah masyarakat. Pembiayaan pembangunan dapat diperoleh dari Badan Layanan Umum Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan (BLU LPMUKP). Untuk itu, Sjarief berharap dilakukan peningkatan kinerja penyuluh atau bila diperlukan penambahan jumlah penyuluh di masing-masing daerah.

Sjarief mengungkapkan, per 13 Agustus 2020, penyuluh perikanan di Provinsi DIY adalah sejumlah 50 orang yang terdiri dari 26 penyuluh perikanan PNS dan 24 orang penyuluh perikanan bantu (PPB). Di Kabupaten Sleman, terdapat 5 penyuluh perikanan PNS dan 5 PPB. Sedangkan di Kabupaten Kulon Progo terdapat 9 penyuluh perikanan PNS dan 4 orang PPB.

Guna mengoptimalkan pendampingan terhadap masyarakat, KKP berencana akan memberdayakan kembali 421 orang penyuluh perikanan swadaya. Mereka ini berasal dari kelompok pelaku utama kelas Madya dan Utama dan Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP).

“Di masa pandemi ini, penyuluh perikanan harus tetap melakukan tugasnya mendampingi
pelaku utama dan pelaku usaha dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Tentunya sarana prasarana penyuluhan menjadi penting karena wilayah kerjanya cukup luas sedangkan jumlah tenaga terbatas,” ucap Sjarief.

Sementara, Kepala Pusat Pelatihan dan Penyuluhan Kelautan dan Perikanan (Puslatluh KP), Lilly Aprilya Pregiwati mengatakan, pada periode 2007 hingga 2013, KKP melalui Badan Pengembangan SDM Kelautan dan Perikanan telah mengadakan sarana penyuluhan perikanan. Sarana tersebut di antaranya kendaraan roda dua, kendaraan roda empat, perahu motor, speed boat, water test kits (DO meter, PH meter, dan salinitas), perangkat pengolah data (computer, printer, dan UPS), serta telepon selular dan netbook.

Adapun pada kesempatan ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman menyerahkan hibah barang milik daerah berupa 13 unit sepeda motor. Sementara Kabupaten Kulon Progo menyerahkan hibah berupa 7 unit sepeda motor.

“Dengan kegiatan serah terima hari ini, kami berharap kabupaten/kota lainnya di seluruh Indonesia dapat termotivasi untuk juga segera melakukan serah terima sarana prasarana penyuluhan kepada KKP,” tandas Lilly.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman, Harda Kiswaya menyampaikan apresiasi atas perhatian pemerintah pusat dalam pembangunan sektor kelautan dan perikanan di DIY, khususnya Kabupaten Sleman. Menurutnya, di tengah wabah Covid-19, sektor perikanan sangat membantu perekonomian masyarakat.

“Di masa pandemi ini, dengan pendampingan dari penyuluh perikanan, usaha skala kecil hingga menengah di sektor perikanan ini tetap bisa berjalan. Hasil produksi masyarakat dapat diserap. Sektor perikanan menjadi salah satu tumpuan ekonomi masyarakat saat ini,” tuturnya.

Oleh karena itu, ia berharap sinergitas antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah dibantu dengan hadirnya penyuluh perikanan dapat benar-benar memakmurkan kehidupan masyarakat.

Adapun Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulon Progo, Sudarno menyampaikan apresiasi atas sinergi yang tercipta. Ia mengatakan, pihaknya siap mendukung pemerintah pusat dengan melakukan pelaporan aset secara tertib.

Namun, ia juga meminta penambahan tenaga penyuluh perikanan agar dapat memenuhi kebutuhan ideal di wilayahnya.

“Kita harus bangga, di tengah pandemi ini, sektor perikanan berkontribusi cukup besar dibandingkan sektor lainnya. Kita ikut membantu mengupayakan agar tidak terjadi pertumbuhan negatif ekonomi nasional dan Indonesia tidak masuk dalam jurang resesi,” pungkasnya.

Usai acara serah terima, Kepala BRSDM bersama rombongan melanjutkan perjalanan ke Kampung Wisata Minapadi Samberembe, Desa Candibinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman. Di kampung yang telah berhasil mengembangkan inovasi minapadi sebagai kekuatan ekonomi pariwisata tersebut dilakukan panen ikan nila. Ikan nila ini dikembangkan dengan inovasi Sistem Budidaya Ikan Nila dengan Kincir atau yang dinamai ‘Ikan Nila Si Budi Kincir’.





Fokus : KKP


#KKP #Kementerian Kelautan dan Perikanan


Shares
Facebook Twitter Google+ Linkedin



Komentar






15 menit yang lalu

Polri Berduka, Polisi Hebat Relawan Pemakaman COVID-19 Gugur Setelah Positif Corona

Beritacenter.COM - Seorang polisi sekaligus relawan pemakaman jenazah pasien Corona, di Posko Dukungan Operasi Satgas..
30 menit yang lalu

INDONESIA, SURGA PARA KORUPTOR

Sejak Indonesia merdeka, tanah ini diperas para pencurinya... dikuras hingga tinggal sisa sisa yang sedang..
41 menit yang lalu

PSBB Ketat di DKI Jakarta Resmi Diperpanjang

BeritaCenter.COM – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, pembatasan sosial berskala besar (PSBB)..
1 jam yang lalu

Polisi soal Wacana Damai Hadi Pranoto-Pelapor : Belum Tahu, Proses Hukum Masih Jalan!

Beritacenter.COM - Setelah menggelar pertemuan di Polda Metro Jaya, pihak Hadi Pranoto dan Muannas Alaidid disebut..
1 jam yang lalu

Gibran Rakabuming: Alhamdulillah Dapat No. 1

Beritacenter.COM - Pasangan Gibran Rakabuming-Teguh Prakosa mendapatkan nomor urut satu pada Pemilihan Kepala Daerah..
1 jam yang lalu

Menyerah Kesakitan, Hukuman Cambuk Pemerkosa Anak di Aceh Terhenti Dicambukan ke-52

Beritacenter.COM - Tak kuat manahan sakit, eksekusi hukuman cambuk terhadap terpidana pemerkosa anak di Banda Aceh,..
2 jam yang lalu

Pemprov DKI Jakarta Optimis Underpass Tak Akan Banjir Meski Hujan Deras

Beritacenter.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memastikan bahwa seluruh pompa di sejumlah Underpass..
2 jam yang lalu

#Update Perkembangan COVID-19 di Indonesia per tanggal 24 September

Beritacenter.COM - #Update Perkembangan COVID-19 di Indonesia per tanggal 24 September 2020 pukul 12.00 WIB. Jumlah..
2 jam yang lalu

BUAH MANIS KONSISTENSI "Si Banteng"

Di era demokrasi sekarang ini tantangan terberat sebuah partai politik adalah menghadapi keganasan..
2 jam yang lalu

Buru Nakes Viral Lecehkan Wanita di Soetta, Polisi : Kita Imbau Hadir di Polres

Beritacenter.COM - Pihak kepolisian masih melakukan perburuan terhadap tenaga kesehatan yanng viral melakukan..
3 jam yang lalu

2 Klub Raksasa Italia Berebut Jasa Nikola Milenkovic

Beritacenter.COM - Dua klub raksasa Liga Italia AC Milan dan Inter Milan berebut untuk mendapatkan servis Nikola..
3 jam yang lalu

Pemkot Bekasi Minta Resepsi Penikahan Terapkan Sistem Drive Thru, Rahmat : yang Penting Amplop

Beritacenter.COM - Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengeluarkan surat edaran terkait pelarangan adanya prasmanan saat..
3 jam yang lalu

Periksa Pihak Hotel, Polisi Dalam Peran Wanita SN di Kasus Mahasiswi Digilir di Makassar

Beritacenter.COM - Polisi masih mendalami peran wanita berinisial SN (21), yang diduga juga terlibat dalam kasus..
3 jam yang lalu

Peraturan Terbaru KPU Larang Konser Musik Hingga Bazar

BeritaCenter.COM – Mengantisipasi Pilkada 2020 jadi kluster penularan COVID-19, KPU mengeluarkan peraturan..
3 jam yang lalu

"GATOT" Lagi Hobi Jualan "ISU PKI", Netizen : Jualnya Laris Gak Pak Gatot....

Beritacenter.COM - Belum lama ini Mantan panglima TNI, Jenderal (Purn) TNI Gatot Nurmantyo, menjadi buah bibir..
4 jam yang lalu

486 Paslon Pilkada 2020 Dinyatakan Memenuhi Syarat

BeritaCenter.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan, sebanyak 486 pasangan calon yang mendaftar di..
4 jam yang lalu

Sempat Tidak Mendukung Gibran, FX Rudy Akhirnya SIAP Menangkan Gibran Di Pilkada Solo

Beritacenter.COM - Sebelumnya Walikota solo sekarang FX Rudy menyatakan dirinya tidak mendukung Gibran dalam pilkada..
4 jam yang lalu

Inilah Akibatnya Jika Anda Kekurangan Minum Air Putih

Beritacenter.COM - Meminum air putih dalam sehari wajib dilakukan. Biasanya disarankan 8 gelas air perhari untuk..
4 jam yang lalu

Mentan Pastikan Stok Pupuk Subsidi Hadapi Musim Tanam Kedua Masih Aman

Beritacenter.COM - Pemerintah memastikan stok pupuk subsidi di Indonesia untuk menghadapi musim tanam kedua di tahun..
4 jam yang lalu

Kepala Biro Humas KPK Febri Diansyah Mengundurkan Diri

BeritaCenter.COM – Kepala Biro Humas KPK Febri Diansyah mengajukan pengunduran diri. Hal ini diketahui..
4 jam yang lalu

SEJARAH KELAM!! Orde Baru Membantai Muslim

Anak² generasi milenial banyak yg tak paham bahwa rezim militer Orde Baru yg dipimpin Jendral Suharto juga..
4 jam yang lalu

Kebakaran Hebat Hanguskan Gudang Kosmetik dan Popok Bayi di Malang, Kerugian Rp3 Miliar

Beritacenter.COM - Kebakaran hebat melanda sebuah gudang yang berisikan kosmetik serta popok bayi di Desa Kepuharjo,..

+Indeks
Buat Artikel






 

About

  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Redaksi