Kamis, 27 Januari 2022 - 07:19 WIB

Zuhairi Misrawi, Dubes RI untuk Saudi

Oleh : Indah Pratiwi | Budi | Senin, 01 Maret 2021 | 08:20 WIB

Shares
Share Twitter Google+ Linkedin


Intelektual muda NU, Zuhairi Misrawi dikabarkan akan dilantik menjadi Duta Besar Arab Saudi. Ini kabar baik bagi kita semua. Mengingat konsistensi Zuhairi Misrawi sebagai analis, pemikir, dan politik di Timur-Tengah merupakan pertimbangan tepat atas kelayakannya menjadi Duta Besar yang secara luas mengetahui seluk-beluk yang terjadi di Arab Saudi. Selain itu, representasinya sebagai kader NU tentu menjadi jembatan harmonisasi NU dengan Arab Saudi dalam mengenalkan Islam yang moderat.


Bagi warga Nahdliyin, nama Zuhairi Misrawi atau yang akrab disapa Gus Mis tentu tidak asing didengar, karena kiprahnya sebagai aktivis NU sudah tidak diragukan lagi. Sejak di Mesir, ia aktif di Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama (KMNU) yang kemudian bermetamorfosa menjadi Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU-Mesir). Setelah pulang dari kuliahnya di Mesir pada tahun 2000, Gus Mis langsung aktif di Lembaga Kajian dan Sumber Daya Manusia Nahdlatul Ulama (Lakpesdam NU) sebagai Koordinator Kajian dan Penelitian, lantas menjadi redaktur dan penulis tetap Jurnal pemikiran Tashwirul Afkar.Ia menulis di jurnal prestisius itu sejak usia 22 tahun.

Gus Mis yang dikenal kritis dan tajam dalam pemikirannya kerap merespos keras Islam radikal yang dinilai mengancam persatuan bangsa Indonesia. Jiwa kemanusiaannya pun senantiasa terpanggil untuk menolong kelompok minoritas dari ketertindasan dan memerjuangkan Hak Asasi Manusia (HAM), sebagaimana salah satu tokoh yang menginspirasinya Gus Dur yang membela kaum pinggiran, Hadratussyaikh Hasyim Asy’ari, Bung Karno, dan sebagainya dalam moderasi beragama, keumatan dan kebangsaan.

Konon, diketahui dalam jangka lama Arab Saudi yang sinis dengan NU. Sebab NU yang memang dibangun untuk Islam Wasathi dan menangkal paham konservatif, sementara Kerajaan Arab Saudi sendiri kental dengan Wahabisme. Keduanya jelas memiliki paham yang cukup bertolak belakang. Namun, situasi ini tampaknya sudah tidak lagi berlaku, karena Arab Saudi kini mengakui keberadaan NU. Pada November 2017, setelah Muhammad bin Salman (MbS) naik tahta, ia mendeklarasikan akan kembali pada kondisi sebelumnya, yakni negara Islam moderat yang egaliter untuk semua agama dan dunia (24/10/2017).

Kiranya pernyataan MbS ini cukup serius. Pasalnya, pemerintah Kerajaan Arab Saudi memerintah Dubes Arab Saudi untuk Indonesia Esam. A Abid Althagafi mengunjungi pimpinan PBNU, KH. Said Aqil Siradj untuk berdialog menegaskan komitmen Kerajaan Arab Saudi yang ingin mengembangkan Islam moderat (2/7/2019). Hal tersebut membuktikan, Gus Mis sebagai intelektual representasi NU, tentu dengan senang hati akan membantu Arab Saudi mewujudkan impiannya menjadi negara Islam moderat.

Mengenalkan Islam moderat bagi Gus Mis bukan sesuatu yang sulit. khazanah keislaman Gus Mis tentang Islam moderat sangat mumpuni. Dalam salah satu karyanya, ia melahirkan buku yang berjudul Pandangan Muslim Moderat: Toleransi, Terorisme, dan Oase Perdamaian (2010). Di antara beberapa karyanya yang lain juga memang konsen mengarah pada pengembangan moderasi Islam.

Menurut Gus Mis, seperti yang dikatakan dalam bukunya, Hadratussyaikh Hasyim Asy’ari (2010), Muslim Indonesia harus diakui mempunyai keunikan tersendiri. Para pendiri bangsa (founding fathers) bisa mengawinkan antara keislaman dan kemodernan, keislaman dan kebangsaan, keislaman dan demokrasi. Di tengah terseok-seoknya dunia Islam memersandingkan dengan demokrasi, Indonesia dengan keragamannya mampu menoreh prestasi penting, yakni transformasi keislaman menuju kebangsaan.

Berdasarkan penjelasan di atas, Gus Mis sebagai analis pemikir dan politik Timur-Tengah memahami betul yang menjadi problem keambiguan dunia Islam untuk melakukan perubahan dalam rangka meneguhkan kemodernan. Hal ini nampaknya, bersinggungan erat dengan Timur-Tengah yang mayoritas diduduki umat Islam, termasuk Arab Saudi.

Tak ayal, jika banyak tokoh Islam, seperti KH. Said Aqil Siradj, Buya Syafii Maarif, Haedar Nashir, dan lainnya mendukung Gus Mis menjadi Duta Besar untuk Arab Saudi dengan asa perubahan, karena ia terbiasa bersinggung dengan gagasan besar keislaman dalam ranah sejarah, politik, akidah, dan sebagainya.

Salah satu momentum penting hubungan Arab Saudi dengan ulama Indonesia, yakni pada 31 Januari 1926 dibentuknya Komite Hijaz yang menjadi cikal bakal lahirnya NU mengajukan permohonan untuk bertemu secara formal kepada Raja Saud yang hendak membongkar makam Rasulullah SAW dan tempat bersejarah lainnya. Komite Hijaz mengirimkan delegasinya, hingga terjadi beberapa kesepakatan. Lantaran kegigihan para kiai yang tergabung dalam Komite Hijaz, alhasil aspirasi yang disampaikan ulama berhaluan Ahlussunnah wal jam’ah diterima Raja Saud. Keberadaan NU dengan Arab Saudi sudah lama terhubung, jauh sebelum Indonesia menjadi negara yang berdaulat.

Oleh karena itu, kehadiran intelektual muda NU, yaitu Gus Mis di Arab Saudi menjadi gayung bersambut untuk kembali berkolaborasi dalam memberikan pandangan keagamaan yang moderat. Secara independen Gus Mis akan mentransformasikan NU terlihat kian besar di mata negara penguasa kilang minyak, meski tak luput nama negara turut berada di pundaknya.

Kendati demikian, NU bukan organisasi yang silau dengan popularitas, melainkan upaya menyebarkan gagasan Islam rahmatan lil ‘alamin dan adagium fenomenalnya, yaitu hubbul wathan minal iman, mencintai Tanah Air adalah bagian dari iman. Kiranya prinsip cinta Tanah Air tersebut dapat menjadi inspirasi kancah global, khususnya umat Islam agar masing-masing bangsa dapat mencintai negaranya dengan semangat keimanan.

Mengharumkan NU sama halnya mengharumkan nama Indonesia. Ini realita yang tak bisa dipungkiri jika loyalitas NU terhadap negaranya begitu tinggi. Untuk itu, dilantiknya Zuhairi Misrawi menjadi harapan besar, bukan hanya bagi warga Nahdliyin, bangsa Indonesia, tetapi pengaruh positifnya akan berdampak juga bagi Arab Saudi. Semoga dengan tersemainya Islam yang moderat di pelosok negeri, seluruh umat manusia bisa ikut merasakan sentuhan agama Islam rahmatan lil ‘alamin.

Sumber : Kadrun.id





Fokus : Nahdlatul Ulama


#NU #Nahdlatul Ulama #Zuhairi Misrawi #Kader Nu Jadi Dubes RI Untuk Arab Saudi #Duta Besar RI Untuk Arab Saudi


Shares
Facebook Twitter Google+ Linkedin



Komentar






4 menit yang lalu

UPDATE Cuaca Kamis 27 Januari Sebagian Wilayah DKI Jakarta Diguyur Hujan Ringan Pagi dan Siang

Beritacenter.COM - Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis cuaca di Jakarta pada hari ini, Kamis..
6 jam yang lalu

Presiden Jokowi Sibuk Kerja, Sedangkan Mereka Sibuk Fitnah

Presiden Jokowi sibuk kerja, sedangkan mereka sibuk hoax dan fitnah.Kaum kadrun, kaum barisan sakit hati, kaum..
7 jam yang lalu

PARAH...! Habis Tabrak Lari Supir Dan Kernek Hingga Tewas, Penabrak Akhirnya Dicokok Polisi

Beritacenter.COM - Pelaku biada tabrak lari yang menewaskan seorang sopir bernama Sudarto (41) dan seorang kernet..
8 jam yang lalu

PT Diamond Electric Mfg Indonesia Buka Lowongan "Engineering Supervisor"

Beritacenter.COM - Lowongan kerja kembali dibuka oleh PT. Diamond Electric Mfg Indonesia yaitu perusahaan yang..
10 jam yang lalu

#UpdatePeringatanCuaca NTT, Berpotensi Hujan Lebat Dan Angin Kencang Di Beberapa Wilayah Ini...

Beritacenter.COM - BMKG mengeluarkan Peringatan Dini Cuaca untuk wilayah Nusa Tenggara Timur, pada tanggal 26 Januari..
10 jam yang lalu

Si Bujang Lapuk Asal Surabaya Nekat Curi Motor Diciduk Polisi

Beritacenter.COM - Syaiful (44), warga Jalan Pogot, Surabaya, harus berurusan dengan piahk kepolisian setelah..
10 jam yang lalu

Gak Mau Kalah dengan Meta-Twitter, YouTube Bakal Ramaikan Dunia NFT

Beritacenter.COM - Platform berbagi video, YouTube, bakal turut meramaikan dunia non-fungible token. Adapun hal itu..
11 jam yang lalu

Pencuri Dengan Modus Pecah Di Mojokerto Berhasil Diciduk Polisi

Beritascenter.COM - Pria berinisial MH (40) warga Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto, harus berurusan dengan pihak..
11 jam yang lalu

#UpdatePeringatanCuaca Lampung, Berpotensi Hujan Lebat Dan Angin Kencang Di Beberapa Wilayah Ini...

Beritacenter.COM - BMKG mengeluarkan Peringatan Dini Cuaca untuk wilayah Lampung, pada tanggal 26 Januari 2022,..
11 jam yang lalu

Tak Yakin Sirkuit Formua E Rampung April, Prasetio Edi : Bukan Kaya Buat Lintasan Tamiya!

Beritacenter.COM - Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi angkat bicara soal pengerjaan sirkuit Formula E. Tak..
12 jam yang lalu

Sesat Pikir Pembenci "Nusantara"

Entah bagaimana dengan anda, bagi saya, Nusantara adalah tentang mempersatukan. Billa banyak pihak tiba-tiba..
12 jam yang lalu

Polisi Tangkap Pelaku Pembunuh Pemuda yang Kaki-Tangannya Terikat di Bekasi

Beritacenter.COM - Misteri pelaku pembunuhan terhadap pemuda berinisial AY (19) yang ditemukan tewas dengan..
13 jam yang lalu

IMF Puji Pemulihan Ekonomi dan Sistem Keuangan RI Ditengah Pandemi

Indonesia terus merespons dengan langkah-langkah kebijakan yang berani, komprehensif, dan terkoordinasi dengan baik..
13 jam yang lalu

Update Corona RI 26 Januari : Bertambah 7 Ribu Kasus, Jakarta Sumbang 3.509 Kasus

Beritacenter.COM - Pemerintah kembali meng-update data perkembangan virus Corona (COVID-19) di Indonesia. Untuk hari..
14 jam yang lalu

Kasus 'Jin Buang Anak' Naik ke Penyidikan, Bareskrim Segera Periksa Edy Mulyadi

Beritacenter.COM - Bareskrim Polri telah memeriksa 15 orang saksi dan 5 ahli terkait laporan terhadap Edy Mulyadi...
14 jam yang lalu

Luar Biasa ! Ini 7 Manfaat Coklat Hitam Bagi Kesehatan Tubuh

Beritacenter.COM - Cokelat hitam kaya akan kandungan mineral, seperti zat besi, magnesium dan zinc. Kakao dalam..
15 jam yang lalu

Bareskrim Gerebek Home Industry Obat-Obatan Keras Ilegal di Cibinong Bogor

Beritacenter.COM - Penggerebekan dilakukan jajaran Bareskrim Polri terhadap sebuah rumah di Cibinong, Kabupaten..
15 jam yang lalu

KPK Dapati Sejumlah Satwa Dilindungi saat Geledah Kediaman Bupati Langkat

Dalam proses penggeledahan tersebut, ditemukan pula adanya sejumlah satwa yang dilindungi oleh UU yang diduga milik tersangka TRP
15 jam yang lalu

PKL Sepanjang Jalan Malioboro Akan Digusur Akhir Minggu Ini

BeritaCenter.COM - Pedagang kaki lima (PKL) di sepanjang Jalan Malioboro akan digusur akhir pekan ini. Hal..
15 jam yang lalu

Viral di Medsos, Maling Kotak Amal di Masjid Tangerang Panik Tinggalkan Motornya

Beritacenter.COM - Viral di media sosial seorang pemuda mencuri kotak amal masjid di Cibodas, Kota Tangerang...
16 jam yang lalu

Omicron Indonesia Hampir Dua Ribu, Dokter: Gejala Terbanyak Batuk Kering

BeritaCenter.COM – Kasus Omicron di Indonesia terus bertambah tiap harinya. Bahkan kini hampir mencapai..
16 jam yang lalu

Menenangkan! Begini Pesan dr Tirta untuk Pasien Omicron

BeritaCenter.COM - Dokter Tirta Mandira Hudhi yang akrab dipanggi dr Tirta..

+Indeks
Buat Artikel






 

About

  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Redaksi