Minggu, 04 Juni 2023 - 01:18 WIB

5 Tips Bisnis untuk Pemula Agar Sukses

Oleh : Rahman Hasibuan | Selasa, 28 Pebruari 2023 | 08:19 WIB

Shares
Share Twitter Google+ Linkedin


Beritacenter.COM - Merek adalah salah satu hal penting yang harus diperhatikan dalam suatu bisnis. Merek bisa menjadi identitas produk yang dijual, sekaligus sebagai daya tarik agar konsumen mau membeli produk tersebut.

Sehingga pentingnya pemasaran merek pada suatu produk, terutama pada tren pemasaran di era digital ini kerap berkembang sehingga banyak bermunculan strategi baru agar merek suatu produk bertahan dan naik kelas.

Baca Juga :

Pelaku bisnis harus memiliki strategi pemasaran yang merupakan salah satu strategi dalam memenangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan baik itu untuk perusahaan yang memproduksi barang atau jasa. Strategi pemasaran dapat dipandang sebagai salah satu dasar yang dipakai dalam menyusun perencanaan perusahaan secara menyeluruh.

Terutama, ketika ekonomi bergerak lambat, pebisnis dan eksekutif mungkin mulai merasa khawatir bagaimana mereka akan bertahan. Sebab, konsumen memperlihatkan kecenderungan mengurangi belanja mereka.

John Hall, sebagai Penasihat Pemasaran menilai bahwa masih ada kesempatan bagi pembisnis ataupun eksekutif mengahadapi berbagai situasi pergerakan ekonomi yang lambat.

"Kondisi seperti ini dapat mendorong para pemimpin perusahaan untuk mengambil tindakan yang mencerminkan perilaku konsumen," ujar Jhon Hall dikutip melalui Forbes, Senin (27/02).

Di era perkembangan zaman sekarang dalam menjalankan bisnis dapat memanfaatkan media sosial, digital marketing, dan e-commerce sehingga memudahkan bagi para pembisnis untuk dapat meningkatkan penjualan mereka, salah satunya melalui website dan social media suatu perusahaan sehingga pemasaran merek tetap relevan dengan perkembangan zaman.

Dilansir dari Entrepreneur.com, berikut 5 tips pemasaran untuk kesuksesan merek yang telah diteliti berdasarkan tren 2023 yang paling memengaruhi pemasaran digital.

1. Pemasaran Influencer Media Sosial

Menurut penelitian Edelman, hanya satu dari tiga konsumen yang mengatakan bahwa mereka dapat mempercayai sebagian besar merek tempat mereka membeli. Selain itu, 67% pelanggan setuju bahwa mereka mungkin membeli produk perusahaan karena reputasinya yang baik, tetapi mereka akan berhenti jika mereka tidak mempercayai perusahaan tersebut.

Untuk berhasil dalam pemasaran influencer pada tahun 2023, sebaiknya rancang strategi pemasaran influencer. Dengan strategi yang solid, akan memilih influencer yang tepat untuk meningkatkan kredibilitas dan kesadaran merek dengan target pasar perusahaan, meningkatkan penjualan dalam jangka panjang.

2. Otomatisasi Pemasaran

Setiap kampanye pemasaran memiliki banyak fungsi berulang yang dapat diotomatisasi dengan alat yang tepat. Ini adalah proses sehari-hari seperti penugasan proyek, posting media sosial, permintaan proyek baru, perpesanan, pemasaran email, pengingat tugas, dan pembaruan status alur kerja.

Tugas pemasaran berulang ini dapat menghabiskan waktu produktif sehingga mencegah dalam menyelesaikan fungsi lain yang lebih produktif seperti membuat konten pemasaran baru atau menganalisis wawasan penting dari data pemasaran Anda.

Alat otomasi sangat penting saat ini, mengingat sebagian besar pemasaran digerakkan oleh data. Secara konvensional, alat otomasi telah mendukung pengumpulan data dan pengamatan perilaku. Namun pada tahun 2023 dan tahun-tahun berikutnya, data akan memajukan pemasaran berbasis sinyal , yang akan menginterpretasikan sinyal dari pelanggan dan membantu lebih memahami apa yang diinginkan pelanggan, baik sekarang maupun di masa mendatang.

Alat otomatisasi generasi berikutnya belajar dari data pelanggan lama dan memprediksi tindakan mereka di masa mendatang. Dengan demikian, Anda akan diberdayakan untuk mengotomatiskan pesan yang menangani kebutuhan pelanggan di masa mendatang. Ini adalah inovasi yang disambut baik, mengingat betapa banyak upaya yang diperlukan untuk memperoleh wawasan utama dari analitik prediktif secara manual.

3. Kecerdasan Buatan (AI) generatif dalam pembuatan konten

AI generatif meningkat setiap hari, menjadikan pembuatan konten otomatis sebagai tren paling mengganggu dalam pemasaran konten kontemporer. Program AI mutakhir seperti Generative Pre-trained Transformer 3 (GPT-3) sudah menciptakan teks mirip manusia yang berkualitas. GPT-4 kemungkinan akan debut pada tahun 2023, menawarkan lebih banyak fungsi otomatisasi, akurasi yang lebih baik, dan bias yang lebih rendah.

Sementara alat otomatisasi konten tidak mungkin menghilangkan kebutuhan pembuat konten manusia, mereka membuat kurasi konten, kreativitas, dan pemasaran prediktif jauh lebih mudah. Anda mungkin tidak memiliki sumber daya untuk segera meluncurkan alat otomasi canggih seperti GPT-3 pada tahun 2023 karena mahal untuk diperoleh dan dilatih. Tetap saja, Anda dapat menggunakan alat yang lebih terjangkau seperti Marketmuse atau Article Forge untuk membantu Anda memenuhi tujuan pembuatan konten Anda.

Keuntungan dari AI generatif adalah setelah Anda melatih model, Anda dapat menyempurnakannya saat dalam perjalanan agar sesuai dengan konten yang berbeda. Ini membuat AI generatif sangat nyaman bagi pemasar digital yang membutuhkan beragam jenis konten.

4. Pemasaran Video

Pemasaran video telah menjadi salah satu strategi pemasaran teratas selama bertahun-tahun. Namun, produksi video dan kemajuan pengiriman terus meningkatkan kepentingannya, serta mengubah praktik terbaik untuk iklan video.

Beberapa tren pemasaran video yang harus Anda manfaatkan pada tahun 2023 meliputi:

- Video yang dioptimalkan untuk pencarian
- Video langsung
- Realitas virtual dan augmented
- Vlog dan cerita media sosial
- Video senyap
- Produksi smartphone

Video yang bagus memberikan keuntungan karena Anda dapat merilisnya melalui berbagai saluran tanpa mereproduksinya dari awal.

 

5. Pemasaran yang mengutamakan seluler

Perangkat seluler menyumbang 58,99% dari lalu lintas situs web global pada kuartal ke-2 tahun 2022. Persentase lalu lintas web yang lebih besar kemungkinan akan berasal dari seluler pada tahun 2023 dan seterusnya. Lebih memperhatikan pemasaran yang mengutamakan seluler dalam pendekatan pemasaran digital untuk memanfaatkan tren ini.

Pendekatan pemasaran yang mengutamakan seluler mengharuskan dalam menyesuaikan situs web dan konten pemasaran secara tepat untuk pengguna seluler, sehingga mereka dapat mengonsumsi dan terlibat dengan pesan pemasaran merek suatu produk dengan mudah. Konten seluler lebih menarik dan personal bagi konsumen. Untuk menjalankan pemasaran yang mengutamakan seluler secara efektif, pertimbangkan praktik terbaik 2023 berikut:

- Manfaatkan perpesanan target
- Gunakan chatbot untuk memajukan personalisasi
- Buat konten yang relevan dan eksklusif yang ramah seluler
- Manfaatkan SMS dan perpesanan dalam aplikasi
- Gunakan pemasaran penargetan geografis, kode QR, dan pemberitahuan push

Untuk melakukan pemasaran yang mengutamakan seluler, harus merangkul cara-cara baru dalam merancang dan menyebarkan konten pemasaran melalui seluler dan mengoptimalkan etalase e-niaga untuk mendukung dan memajukan perdagangan seluler.

 





#Berita Center #Bisnis #Cara Bisnis #Tips Bisnis


Shares
Facebook Twitter Google+ Linkedin



Komentar






10 jam yang lalu

Seruan Kampanye Positif ala Ganjar Pranowo, Benarkah Susah Ditiru oleh Kubu Lawan Politik?

Beritacenter.COM- Bertepatan dengan peringatan Harlah Pancasila pada 1 Juni 2023, pasukan PDI Perjuangan bertemu di..
11 jam yang lalu

Karto Bugel : Ayo Pak, Njenengan Kudu Cawe-Cawe

Beritacenter.COM- Pak Jokowi terlalu cawe – cawe, ga seperti pak SBY. Dan maka narasi bahwa SBY disebut lebih..
12 jam yang lalu

#Gempa 3.8 Magnitudo Guncang Wilayah Lembata NTT

Beritacenter.COM - Gempa berkekuatan 3,8 Magnitudo mengguncang di wilayah Tenggara Lembata NTT.Tidak berpontensi..
15 jam yang lalu

Isi Slot Pemain ASEAN, Persebaya Resmi Datangkan Song Ui - Young

Beritacenter.COM - Persebaya Surabaya resmi mendatangkan pemain berkebangsaan Singapura Song Ui- young untuk..
17 jam yang lalu

Ada Event Formula E Jakarta, Polisi Siapkan Rekayasa Lalin

Beritacenter.COM - Satlantas Polda Metro Jaya menyiapkan tiga rekayasa lalu lintas selama Event Jakarta International..
18 jam yang lalu

Ruko di Lubang Buaya Hangus Terbakar, 11 Damkar Diterjunkan

Beritacenter.COM - Sebuah rumah toko (ruko) di Jalan Manunggal, Lubang Buaya, Cipayung, Jakarta Timur hangus..
19 jam yang lalu

Kalimantan Utara Diguncang Gempa 5,1 Magnitudo

Beritacenter.COM - Gempa berkekuatan 5,1 magnitudo mengguncang wilayah Tarakan, Kalimantan Utara. Peristiwa itu..
1 hari yang lalu

Joe Biden Jatuh Tersandung di Acara Wisuda, Gedung Putih Pastikan Kondisinya Baik

Beritacenter.COM - Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, tersandung karung pasir dan terjatuh, usai dirinya..
1 hari yang lalu

Stafsus Menkeu ke JK : Kita Tak Keluarkan Rp1.000 T/Tahun untuk Bayar Utang

Kita tidak mengeluarkan Rp 1.000 T per-tahun untuk membayar utang seperti yang disampaikan oleh Pak JK. Berikut..
1 hari yang lalu

40 Ribu Tiket Formula E Jakarta 3-4 Juni Ludes Terjual, RI Kembali Jadi Tuan Rumah di 2024

Beritacenter.COM - Ajang balap mobil listrik Formula E kembali digelar di Jakarta International E-Prix Circuit..
1 hari yang lalu

Lari Pagi Bersama, Bima Arya : Ganjar Salah Satu Pemimpin yang Konsisten Olahraga

Beritacenter.COM - Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto berkesempatan menemani Gubernur Jateng Ganjar Pranowo..
1 hari yang lalu

KOALISI PERUBAHAN Dukung Anies Jadi Capres 2024, Agoes Ibrahim : 3 Partai Bodoh

Tiga partai bikin koalisi dengan mengusung mantan gubernur yang nirprestasi. Mereka kasih tagline : KOALISI..
1 hari yang lalu

Cawe-cawe Jokowi yang Membuat Anies Dan Partai Pendukungan Tidak Bisa Tidur Nyenyak...

Beritacenter.COM - Cawe-cawe merupakan bahasa jawa yang telah diserap bahasa Indonesia artinya ikut campur dalam..
1 hari yang lalu

Mantul! PDIP Jadikan Gibran Juru Kampanye, Bikin Lawan Ketar Ketir!

Beritacenter.COM - Benar-benar mantul! Ok, kita tengok ke belakang dulu ya. Bertahun-tahun lalu, pada tahun 2018,..
1 hari yang lalu

Keren...! Anak Muda Lampung Siap Menangkan Ganjar Di Pilpres 2024

Beritacenter.COM - Ditemui, saat deklarasi GARUDA (Ganjar Muda) Lampung (01/06) di Bundaran Adipura Kota Bandar..
1 hari yang lalu

Ngantuk Setelah Makan Siang ? Coba 5 Cara Ini

Beritacenter.COM - Bekerja dari rumah bisa menyebabkan terjadinya gangguan pada produktivitas. Mulai dari melakukan..
1 hari yang lalu

#Gempa 2.4 Magnitudo Guncang Wilayah Sumbawa Barat NTB

Beritacenter.COM - Gempa berkekuatan 2,4 Magnitudo mengguncang di wilayah Sumbawa Barat NTB.Tidak berpontensi..
1 hari yang lalu

Ditolak Nikah dan Minta Putus, Pemandu Karoke Tewas Dianaya Kekasih

Beritacenter.COM - Seorang pemandu karoke berinisial LA (24) tewasa dianiaya kekasihnya di Dusun Wuni, Desa..
1 hari yang lalu

Ini Segudang Manfaat Daun Mindi Bagi Kesehatan

Beritacenter.COM - Daun mindi dianggap bermanfaat karena memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan. Manfaat daun..
1 hari yang lalu

Ngerihh ! Clara Gopa Kena Guna-Guna hingga Lukai Diri Sendiri

Beritacenter.COM - Clara Gopa mengakui mendapatkan teror melalui media sosialnya dari orang tak dikenal. Kuasa hukum..
1 hari yang lalu

Diduga Korsleting Listrik, Bengkel Mobil di Kembangan Jakbar Hangus Terbakar

Beritacenter.COM - Kebakaran hebat melanda sebuah bengkel mobil di Kembangan, Jakarta Barat. Kebakaran itu diduga..
1 hari yang lalu

Gempa 4,2 Magnitudo Guncang Bengkulu Utara

Beritacenter.COM - Gempa bumi berkekuatan 4,2 magnitudo mengguncang wilayah Bengkulu Utara, Bengkulu. Gempa tersebut..

+Indeks

 

About

  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Redaksi